Next Post
IKLAN DISKOMINFO KUKAR

Prihatin, Politeknik Sendawar Kesulitan Biaya

Foto : Mahasiswa-mahasiswi Politeknik Sendawar 

SENDAWAR, WARTA KUBAR.Com – Politeknik Sendawar (Polsen) adalah perguruan tinggi swasta pertama di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur.

Diketahui Polsen berdiri sejak tahun 2005 silam dinaungi Yayasan Pembangunan Sentawar Sakti (YPSS). perguruan tinggi itu, kini memprihatinkan.

Sudah 18 tahun perjalanan proses belajar mengajar di perguruan tinggi dengan 3 jurusan , yakni Teknik Mesin, Administrasi Bisnis, dan Teknik Sipil.

Direktur Politeknik Sendawar, Selvina SH MSi menerangkan, pihaknya, kesulitan biaya operasional kampus yang nyaris tak bisa di penuhi hingga saat ini.

Sehingga membuat terbengkalai kondisi perkuliahan mahasiswa-mahasiswi, termasuk gaji dosen pun tak terbayar.

“Politeknik Sendawar tidak bisa berbuat apa-apa tanpa dana,” keluh Selvina , Rabu (1/11/2023).

Kondisi keterpurukan Politeknik Sendawar karena selama ini memang tidak ada pembiayaan untuk perguruan tinggi swasta itu.

Menurutnya, jika ada pendanaan, maka sistem akademik, tata kelola, struktur organisasi yang benar-benar nyata dan berkerja, perangkat IT dan internet akan berjalan lancar.

“Politeknik Sendawar masih bisa diperbaiki kalau ada pendanaan untuk operasional, gaji dosen dan pegawai, serta pemenuhan perangkat akademik dan lain-lainnya,” tegas Selvina.

Selvina menuturkan, Apalagi kondisi Polsen sekarang berjuang untuk akreditasi institusinya sudah jatuh tempo.

Dengan keterpurukan Polsen sekarang untuk pemenuhan persyaratan akademik yang masih di kategorikan sangat kurang dan tertinggal.

“ Namun masih optimis Politeknik Sendawar akan bisa bersaing kalau di tunjang oleh Sumber Daya Manusia (SDM) handal, sarana-prasarana, sistem, dan perangkat Ilmu pengetahuan dan Teknologi (IT).

Utamanya peran serta semua pihak mendukung keberlangsungan Polsen kedepan. Karena semua yang dibicarakan terkait operasional kampus ini membutuhkan dana,” ujarnya.

Selvina berharap, dengan kunjungan Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi) di Kutai Barat pada , agar ada perhatian khusus dari pemerintah kedepannya kepada Politeknik Sendawar.

“Saya sebagai pimpinan Polsen izin menyampaikan harapan kami kepada Pemerintah Kutai Barat maupun Provinsi, dan juga pusat, sebagaimana amanah pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 mencerdaskan kehidupan bangsa.

Agar itu benar-benar terwujud bukan hanya di kota-kota besar. Tetapi menyentuh semua warga negara, tak terkecuali Kutai Barat,” katanya.

Politeknik Sendawar adalah satu-satunya perguran tinggi yang ada di Kabupaten Kutai Barat. Seharusnya mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

Bukannya malah mau di tutup. Kami Politeknik Sendawar mohon kebijakan Bapak Presiden RI Joko Widodo untuk memberi bantuan, petunjuk dan arahan demi peningkatan SDM Kutai Barat, secara khusus pendanaan supaya bisa di alokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” tandas Selvina. (*)

Berita Terkait: UNIBA Gandeng POLSEN Gelar Talk Show dan Pentas Seni “Kuliah Itu Asyik

Selvina SH MSi : Optimis Polsen Tetap Jalan

 

wartakubar

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *