Next Post
IKLAN DISKOMINFO KUKAR

Polres Kutai Barat Terima Kunjungan ‘Field Trip’ SD Transformasi

SENDAWAR, WARTA KUBAR. Com– Dengan ceria sebanyak 23 Siiswa Sekolah Dasar Transformasi Belempung Ulaq  Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur, melaksanakan proses belajar di luar kelas (Field Trip) ke Polres Kutai Barat di jalan Gajah Mada, Barong Tongkok, Sendawar, Kamis (10/8/2023) pagi.

Sekitar pukul 08.30 pagi puluhan siswa tersebut yang didampingi guru-guru tiba di Mapolres Kubar dan disambut dengan ramah oleh Jajaran Sat Lantas Polres Kutai Barat.

Kepala Sekolah SD Transformasi, Nilawati menyampaikan, Terima kasih kepada Jajaran Polres Kutai Barat yang telah menerima kunjungan field trip para siswa kelas 2 SD Transformasi.

Nilawati menjelaskan, Field Trip sebagai anjang karya atau karyawisata. Yaitu suatu kegiatan atau perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan dan juga terdapat aktivitas edukasi atau pendidikan di luar sekolah dan sudah merupakan kegiatan rutin sekolah.

Tujuan kunjungan peserta didik SD Kelas 2 Transformasi ke kantor polisi untuk memperkenalkan peserta didik profesi polisi secara langsung dan agar peserta didik dapat berinteraksi langsung dengan polisi,” ujarnya

Selain itu, kunjungan murid SD Transformasi ke Markas Polres Kubar, agar peserta didik dapat mengenal rambu-rambu lalulintas dan kelengkapan keamanan dalam berkendara seperti SIM, BPKB dan lainnya.

“Sehingga peserta didik dapat secara langsung mengetahui syarat-syarat dan aturan berkendara,” tegasnya.

Harapannya dengan kegiatan itu, kedepannya para peserta didik dapat semakin semangat untuk belajar dan semangat dalam mengalami hal-hal baru. Sehingga, kata dia, peserta didik semakin mengerti bahwa polisi adalah sahabat anak-anak dan dekat dengan anak-anak.

“Wawasan peserta didik semakin bertambah, dan apa yang mereka terima hari ini akan menjadi pengalaman yang berharga, dan mereka semakin semangat untuk bermanfaat bagi banyak orang,” tandasnya.

Sementara itu Kapolres Kutai Barat, AKBP. Heri Rusyaman, S.IK,M.H melalui Kasat Lantas Polres Kubar AKP Budi Witikno, S.H menyebut, para siswa tersebut mengunjungi Polres Kutai Barat dengan maksud ingin mengenal dan mengetahui lebih dekat tugas anggota kepolisian dan bidang-bidang nya.

‘’Mereka diajak berkeliling di lingkungan Polres seperti, ruangan permohonan SIM, BPKB serta lainnya dan dikenalkan tugas-tugas kepolisian,’’ katanya.

Ditambahkannya, para siswa tersebut juga dikenalkan dan diajarkan untuk tertib berlalu lintas.

‘’Dalam kesempatan itu, anggota Satlantas Polres Kutai Barat menjelaskan tentang rambu-rambu lalu lintas. Mulai dari lampu merah yang berarti harus berhenti, lampu kuning siap-siap untuk jalan dan lampu hijau yang berarti jalan,’’ jelasnya.

Selain itu, juga disampaikan terkait penggunaan helm. Para siswa itu, harus mengetahui fungsi helm untuk melindungi kepala. Selain itu berkendara juga harus memiliki SIM dan STNK.

“Dikenalkan juga rambu-rambu lalu lintas Diantaranya, rambu-rambu dilarang parkir, dilarang berhenti, dilarang putar balik, hati-hati jalan menanjak, dilarang masuk dilarang belok kiri atau belok kanan dan hati-hati jalan berkelok kelok,’’ ungkap nya.

Tampak Anggota Sat Lantas Polres Kutai Barat yang mendengar beberapa pertanyaan dari siswa pun dengan sabar menjawab satu per satu pertanyaan yang dilontarkan siswa.

“Saya mau jadi polisi” sahut beberapa siswa dengan kompak.

Penulis : Henry Situmorang

 

 

wartakubar

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *