Next Post
IKLAN DISKOMINFO KUKAR

Kadis PUPR Mahulu Didik Subagya : Perkantoran Pemerintah Butuh Listrik Berdaya Besar

MAHULU, WARTAKUBAR.Com-Lokasi sejumlah gedung perkantoran pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Provinsi Kalimantan Timur(Kaltim) sejak awal memiliki konsep klaster dan berwawasan ramah lingkungan.

Hal tersebut disampaikan kepada media ini oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Dan Kawasan Pemukiman Mahakam Ulu, Didik Subagya pada Jumat 26 Januari 2024 di Ujoh Bilang.

Menurutnya mengingat topografi wilayah Mahakam Ulu harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan, olehnya sangat membutuhkan anggaran yang besar. Untuk cut and fieldnya saja bisa mencapai sekitar 40 persen dari nilai konstruksi bangunan perkantoran.

Didik Subagya merinci, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu masih akan membangun sekitar 30 unit bangunan perkantoran permanen di Mahakam Ulu guna mendukung pelayanan masyarakat yang baik.

“Kendala yang dihadapi di Mahakam Ulu ini tidak hanya membangun fisik gedung saja, tapi juga membuka akses penghubung jalan atau infrastruktur, jadi memang sangat menelan biaya besar dan mungkin akan dikerjakan secara bertahap setiap tahun,” tuturnya.

Namun kalau melihat gedung perkantoran yang ada saat ini bisa digunakan untuk bekerja sudah dapat menghemat biaya daripada sebelumnya membayar kontrakan rumah warga yang dijadikan perkantoran.

Selain itu kata dia, suplai aliran listrik juga masih terbilang menjadi permasalahan di gedung perkantoran pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu yang baru.

Misalnya saja di gedung perkantoran Bupati Mahulu ini saja membutuhkan sekitar beban puncak 1000 Kva untuk dapat mengaktivkan sarana lift yang tersedia.

Namun dari pihak PLN hanya mampu menyuplai sekitar 82,5 Kva tak sampai 10 persen, belum lagi gedung perkantoran pemerintah lainnya.

Lanjutnya menerangkan, untuk mengantisipasi permasalahan listrik di gedung perkantoran pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu yang baru maka diadakan mesin genset yang sudah tentu membutuhkan biaya pembelian bahan bakar minyak yang besar.

“Untuk gedung perkantoran Bupati ini dengan beban puncak 1000 Kva bisa membutuhkan sekitar 212 liter/jam,” bebernya.

Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu meminta agar pihak PLN bisa menambah mesin di Ujoh Bilang, imbuhnya.

(Adv)

Baca Juga :

Putra Marthin Billa Presiden MADN Artya Fathra Marthin Maju Caleg DPR RI Dapil Kaltim Nomor Urut 7 Partai Golkar

Kisah Pensiunan Guru Trifina Luhung Baluk di Mahulu Maju Caleg Demi Membantu Masyarakat

Pemkab Mahulu Gelar Perayaan Syukur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

wartakubar

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *