Waspada, Kamera Drone Bisa Ancam Penerbangan

Sendawar, wartakubar

Bagi para pengguna Drone (Kamera) terbang diminta berhati-hati, Sebab alat yang dimiliki oleh para photographer ini bisa mengancam penerbangan.

Kepada wartakubar.com Pelaksana Harian Bandara Melalan Sendawar Aulia Mukti Negara mengatakan, Bahwa penggunaan Drone disekitar lokasi take off dan landing pesawat bisa membahayakan penerbangan.

Aulia Mukti Negara Saat menerangkan bahaya penggunaan drone terhadap pesawat

” Sebenarnya penggunaan Drone ini sudah ada aturannya. Diantaranya jenis dan ketinggiannya, jadi sebaiknya minta ijin dengan Air Nav (Lembaga Maskapai Penerbangan) setempat,” katanya di Sendawar, Kamis (5/3/2020).

Menurutnya, Dengan meminta ijin drone ke pihak Air Nav maka akan diketahui rencana jangkauan ketinggian, titik kordinatnya dimana, keperluannya untuk apa, kemudian diberikan rekomendasi untuk menggunakan drone.

“Saat ini pengguna Drone di Kubar masih dari kalangan pribadi, belum ada komunitas. Dihimbau untuk waspada saat menggunakan drone,” terang Aulia.

” Ancamannya pada aspek penerbangan ya saat drone diterbangkan di lokasi take off dan landing pesawat bisa mengenai badan atau baling-baling yang akibatnya mencelakai pesawat, ” ungkapnya.

Aulia menjelaskan bahwa pernah dalam satu penerbangan terdeteksi adanya penggunaan Drone di Kubar yang bisa mengancam penerbangan.

Melalui media ini pihak otoritas bandara Melalan Sendawar menyarankan kepada para pengguna Drone di Kubar agar melaporkan ketinggian drone, apalagi pada transisi pendaratan maupun take off pesawat.

# hen #

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply