Wagub Kaltim Hadi Mulyadi Kagum Kerajinan Sarut dan Tenun Doyo

 SENDAWAR, Warta Kubar.Com-Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim, Hadi Mulyadi kagumi hasil karya kreatifitas kerajinan dari para perajin Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Sarut dan Tenun Doyo. Warisan budaya ini, patut dijaga dan dilestarikan.

Maka itu, masyarakat Kubar harus berbangga diri. Sebab Kubar memiliki berbagai macam kerajinan, salah satunya sarut (menjahit) dan tenun doyo yang tidak dimiliki oleh kabupaten/kota, di wilayah Indonesia,” kata Wagub Hadi Mulyadi saat berkunjung stand pameran TP-PKK Kubar dan demo para perajin Sarut dan Tenun Doyo, pada Kaltim Expo 2021, di Atrium Bigmall Samarinda, Rabu ( 22/9/ 2021).

Pada peninjauan itu, Wagub Hadi Mulyadi didampingi oleh Ketua TP-PKK Kaltim Noorbaiti Isran Noor, Wakil Ketua TP-PKK Kaltim Erni Makmur Hadi Mulyadi, Wakil ketua TP-PKK Kubar 1 Isdalena Arkan dan Wakil Ketua 2 TP-PKK Kubar, Dusiani Ayonius.

Wagub Hadi Mulyadi menambahkan, apabila kerajinan ini terus ditekuni dan dikembangkan, pastinya dapat menjadi wisata industri yang bisa membangkitkan perekonomian masyarakat Kubar.

“Pastinya wisatawan akan berkunjung ke Kubar, tinggal pengemasan dan promosinya saja,”ucapnya.

Ketua TP-PKK Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan akui, Kubar memiliki kekayaan kerajinan yang melimpah ruah. Potensi inilah, terus dikembangkan dan dipromosikan baik di Kubar maupun luar Kubar.

Seperti kerajinan sarut dan tenun doyo. Sehingga setiap produk kerajinan yang dihasilkan dari tangan-tangan para perajin, dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan dan menjadi salah satu ikon kebanggaan Kubar.

“Ini juga dalam bentuk membantu Pemkab Kubar dalam meningkatkan perekonomian Kubar salah satunya menambah nilai ekonomi bagi perajin di Kubar,” ujarnya.

Selain itu, juga menggerakkan generasi muda Kubar untuk terlibat langsung dalam produksinya, agar kerajinan khas Kubar tetap selalu terjaga dan lestari (tidak punah).

(hms6/WK-Red)

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply