Wabup Pimpin Rakor Penanggulangan Narkoba

SENDAWAR, WARTA KUBAR.com

Wakil Bupati Kutai Barat(Kubar), H Edyanto Arkan SE Memimpin langsung Rapat Koordinasi Penanggulangan Bahaya Penyalahgunaan narkotika dan obat obatan terlarang. Rakor tersebut berlangsung pada Senin(15/1/2018) bertempat di Ruang rapat khusus Kantor Bupati Kubar.

“ Rakor kali ini upaya kita untuk lebih efektif di tahun 2018. Salah satu yang perlu kita realisasikan adalah soal kelembagaan dari Badan Narkotika Kabupaten(BNK) perlu ditingkatkan menjadi Badan Nasional Narkotika Kabupaten(BNNK), Sehingga penanganan oleh lembaga maupun personalnya lebih fokus karena ditangani oleh personal yang berkompetensi dan khusus menangani persoalan narkoba seperti yang ada di tingkat pusat maupun provinsi, Dan Kabupaten lainnya yang sudah berstatus BNNK, “ ujar Edyanto Arkan.

 

Kemudian adalah sasarannya. Sasaran pada pra pengguna, Pengguna, Dan pasca pengguna yaitu dengan mengembangkan Dinas pendidikan dalam rangka menangani yang belum menggunakan narkoba, Lalu yang sedang menggunakan narkoba akan ditangani oleh aparat hukum. Sedangkan pasca atau yang sudah menggunakan narkoba tapi perlu rehabilitasi. Rehabilitasi inilah yang kita kembangkan sekarang melalui klinik IPWL yang dibuka di Rumah sakit umum daerah harapan insan sendawar. Jadi siapa saja yang secara sadar ingin keluar dari masalah narkoba dapat datang ke klinik IPWL dengan catatan sebelum tertangkap tangan oleh aparat hukum, terang Edyanto Arkan.

Dalam Rakor tersebut juga dibahas selain masyarakat diminta juga Perusahaan perusahaan agar mewajibkan bagi karyawan yang baru maupun lama melakukan tes narkoba, Sedangkan untuk siswa siswi akan diminta Kepala sekolah melalui Dinas pendidikan bekerja sama dengan BNK dan pihak Polres akan diadakan penyuluhan terkait bahaya penyalahgunaan narkotika dan obat obatan terlarang, harap Edyanto Arkan.

Untuk diketahui peringkat penurunan peredaran narkoba di Kabupaten Kutai Barat mengalami peringkat yang sangat kecil, Yakni dari Peringkat 3 menjadi Peringkat 5 dari seluruh wilayah di Kalimantan Timur.

Rapat Koordinasi Program Tahun 2018 tentang Penanggulangan bahaya narkotika dan obat obatan terlarang dihadiri, Kasdim 0912 Mayor Wahyudi, Kasat Narkoba Polres Kubar AKP.Jamhari SH, Direktur RSUD HIS dr Bambang, Kepala Puskesmas Sekolaq Darat dr Akbar, Kepala Puskesmas Melak dr Waluyo, Sekretaris Dinas Kesehatan Barnabas, IPWL RSUD HIS dr Junita Matondang, Dinas Pendidikan Yohanes Spd Msi, Dinas Kesehatan Dona Trisna, Kabag Sosial Ruslan Hamzah, Kepala Puskesmas Barong Tongkok Arbayanti.

# Henry Situmorang#

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply