Wabub Sosialisasi Program Peremajaan Karet di Belempung Ulaq

Sendawar, Warta Kubar.com

Wakil Bupati Kutai Barat (Kubar) H.Edyanto Arkan menyampaikan arahan sosialisasi peremajaan karet di Kampung Belempung Ulaq, Kamis (18/3/2021).

Dihadapan masyarakat petani karet didampingi Kepala Dinas Pertanian Kubar Petrus, Petinggi Kampung Belempung Ulaq Kopli dan sejumlah aparat kampung dan anggota BPK serta para PPL, Edyanto Arkan mengatakan program peremajaan tanaman karet adalah program Pemerintah Pusat dan Daerah tahun 2021 yang sangat baik, karena mengingat karet merupakan komoditas terbanyak di Kubar.

“Kita bersyukur bahwa harga karet saat ini seharga Rp.8.500. Bahkan bisa mencapai harga Rp.10.000 bila dijual ke PT. Davco di Mencimai,” tutur Wabub dua periode ini.

Sosialisasi Program Peremajaan Karet di Belempung Ulaq

Dia menambahkan program peremajaan karet rakyat di Kubar mencapai luasan 1350 hektar. Untuk Kampung Belempung Ulaq nanti bisa diatur berapa hektar luasan karet yang akan diremajakan dan dibuatkan proposal ke Dinas Pertanian Kubar.

Adapun sasaran utama program peremajaan karet diantaranya, meremajakan karet yang sudah tua berumur 25 tahun keatas, mengganti karet masyarakat yang sumber bibitnya berasal dari bibit karet cabutan, mengganti kebun karet masyarakat yang luasannya 1 hektar jumlah tanamannya kurang dari 100 pohon wajib diikutkan program peremajaan karet ini.

Wabub Edyanto Arkan juga memaparkan paket bantuan yang akan diterima petani dalam program peremajaan karet yaitu, bibit unggul siap tanam bersertifikat, pupuk NPK, pupuk organik, fungisida (obat jamur akar putih), herbisida, aborisida (racun tunggul), sprayer, chainsaw, APK (alat pertanian kecil) dan bantuan biaya pembukaan lahan.

“Kampung Belempung Ulaq pertama kali dilakukan sosialisasi peremajaan karet tahun 2021. Bagi masyarakat yang memiliki kebun karet dalam kriteria layak diremajakan mohon dengan sangat dapat mengikuti program ini. Mengingat harga karet di Kubar semakin tinggi, namun kualitas karet sendiri pun mesti dijaga demi kesejahteraan masyarakat petani karet,” pungkas wabub Edyanto Arkan.

# hen #

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply