Usia Anak Masuk SD/MI Minimal 6 Tahun

SENDAWAR,WARTAKUBAR.COM-Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Barat (Kubar) Yacobus Yamon S.Pd,M.Si mengatakan bahwa usia anak saat memasuki Tahun Ajaran Baru 20I9 – 2020 untuk jenjang Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidayah  usia anak 6 atau 7 tahun.

Hal itu disampaikannya di ruang kerjanya pada, Selasa (II/6/20I9). Lanjutnya menerangkan, untuk calon peserta didik usia paling rendah 6 tahun terhitung tanggal I Juli di tahun berjalan bisa diterima masuk SD jika usia anak 6 tahun pada bulan Juli.

Menurutnya, Bisa saja diterima anak usia di bawah 6 tahun. namun ada persyaratan khusus, apabila anak itu memiliki kecerdasan ataupun bakat istimewa, dan juga siap secara phisikis. kemudian dalam hal ini harus juga mendapatkan rekomendasi dari phsycolog yang memiliki lisensi khusus untuk memeriksa anak tersebut yang dapat memastikan anak mampu melanjutkan pendidikan di tingkat sekolah dasar, ungkapnya.

“Kita upayakan usia anak yang amanlah yaitu antara 6 tahun atau 7 tahun untuk memasuki jenjang sekolah dasar, ujarnya,”

Diakuinya sejauh ini memang ada  keinginan orang tua anak  maunya cepat masuk sekolah dasar, padahal telah ditetapkan usia anak itu, telah melalui tahapan penelitian. Jika dipaksakan usia anak dibawah 6 tahun masuk SD maka dikhawatirkan ada fase nanti anak merasa jenuh bahkan lebih parah tidak mau sekolah lagi karena merasakan bosan, terangnya.

“Tolong diperhatikan bagi kepada orang tua yang anaknya akan masuk SD tahun ini. Agar disesuaikan dengan usia anak yang telah ditentukan yaitu 6 atau 7 tahun. Ini demi kebaikan anak. Hal ini juga sudah jelas dituangkan dalam Permendikbud No.5I Tahun 20I8 Tentang Penerimaan Peserta Didik,” tandasnya.

# Henry Situmorang / Diskominfo Kutai Barat #

 

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply