Tingkatkan Mutu Pendidikan Dasar, Disdikbud Kubar Gandeng Yayasan Bhakti Tanoto

SENDAWAR,Warta Kubar.com – Guna meningkatkan kualitas pendidikan dasar, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Pemkab Kubar) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kubar, menjalin kerjasama dengan Yayasan Bhakti Tanoto.

Kabid PPD Disdik Kubar Yacobus Yamon

“Legalitas program yaitu Kesepakatan Bersama (MoU) antara Pemkab Kubar dengan Yayasan Bhakti Tanoto. Tentang peningkatan kualitas pendidikan dasar di Kubar,” jelas Kepala Disdikbud Kubar, Silvanus Ngampun, S.IP, M.Si, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud Kubar, Yakobus Yamon, S.Pd., M.Pd kepada wartawan usai Pembukaan Pelatihan Supervisi dan pelatihan kelompok Kepala Sekolah Modul 1 Manajemen Berbasis Sekolah di SDN 001 Busur, Kelurahan Barong Tongkok, Kecamatan Barong Tongkok, Sendawar, Senin (1/11/2021).

Yamon mengatakan, adapun tujuan program dalam kerjasama itu, upaya meningkatkan mutu dan relevansi pembelajaran pendidikan dasar di Kubar.

“Utama untuk meningkatkan mutu kepemimpinan dan manajemen pendidikan bagi kepala sekolah dan pengawas sekolah, serta pendidikan dasar,” katanya.

Dirinya menyebut kerjasama Disdikbud Kubar dengan Yayasan Bhakti Tanoto, juga untuk membangun kapasitas pihak terkait. Termasuk keterlibatan orang tua dan lembaga pendidikan serta guru. Dalam rangka peningkatan mutu sekolah pada jenjang pendidikan dasar secara mandiri dan berkelanjutan.

“Outcome (respon partisipan) terhadap program ini, membaiknya pengajaran dan pembelajaran di sekolah melalui pelatihan bagi pengawas, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan masyarakat,” urainya.

Yamon menambahkan, dengan kerjasama itu dapat menguatkan kemampuan pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan melalui pembentukan fasilitator daerah dan pendampingan sekolah mitra. Yaitu melalui Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS).

“Juga melalui Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS), dan Musyawarah Kelompok Kerja Kepala Sekolah (MKKKS),” ujarnya.

Yohanes Shen

 Sementara itu masih di tempat yang sama terkait kerjasama dengan Pemkab Kubar, Yayasan Bhakti Tanoto melalui Tanoto Foundation Distrik Koordinator Program Pintar Penggerak Kabupaten Kutai Barat, Yohanes Shen N menjelaskan. Bahwa awal kerjasama Yayasan Tanoto dengan pemerintah daerah, dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek. Yakni, terkait dengan Program Organisasi Penggerak (POP).

“Tanoto Foundation terpilih menjadi salah satu mitra dari organiasi yang menjalankan POP di Indonesia. Tanoto ada di 4 kabupaten. Yakni Kutai Barat, Tegal, Muaro Jambi, dan Kampar. Kerjasama dengan Pemkab Kubar dimulai awal 2021. MoU dengan pemkab, sedangkan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Disdikbud,” tuturnya.

 Yohanes Shen menerangkan, diantara kegiatan yang dilakukan di Kubar, yakni pada Senin 1 November 2021. Memberikan pelatihan terkait dengan modul 1. Yaitu paparan alur dan teknis pelaksanaan roll out (memaparkan) modul 1.

“Diskusi dan tanya jawab terkait timeline (durasi) kegiatan. Diseminasikan (diinformasikan) oleh 75 fasilitator daerah kepada 65 sekolah mitra Program Pintar Penggerak di Kubar,” ujarnya.

Shen menambahkan, sejak tahun 2018, Tanoto Foundation sudah ada program di Kota Bontang, Kukar, Samarinda, Balikpapan, dan Paser, Provinsi Kaltim.

“Mengingat Kubar peringkat pendidikannya ke-9 dari 10 kabupaten/kota se-Kaltim. Kami (Tanoto Foundation) berharap dengan adanya program ini, dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Kubar,” imbuhnya.

 Program ini mendorong hadirnya Sekolah Penggerak yang berkelanjutan. Dengan melibatkan peran serta organisasi. Fokus utamanya, meningkatkan kualitas guru, kepala sekolah dan tenaga kependidikan, untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Organisasi yang berpartisipasi, dapat menerima dukungan pemerintah untuk mentransformasi sekolah menjadi Sekolah Penggerak.

Sejak tahun 2020 hingga 2022 mendatang, Program Organisasi Penggerak memiliki sasaran meningkatkan kompetensi 50 ribu guru, kepala sekolah dan tenaga kependidikan di 5 ribu PAUD, SD dan SMP.

“Semoga dengan adanya kerjasama ini dapat berjalan sesuai target dan juga dapat mengangkat kualitas pendidikan dasar di Kubar, Sehingga setara dengan daerah lainnya di Indonesia,” pungkasnya.

# hen #

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply