Terdaftar di Mabes Polri, DPC APSI Kubar Resmi Dikukuhkan

SENDAWAR, Warta Kubar.Com-Dewan Pengurus Cabang (DPC) Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (DPC-APSI) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) secara resmi dikukuhkan. Acara pelantikan dan pengukuhan itu dihelat, Senin (25/10/2021) di Pendopo Hotel Sidodadi , Kelurahan Simpang Raya, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) APSI Kaltim, Harmadi dalam sambutan menyampaikan, APSI merupakan penjelmaan dari AMSI, yang merupakan Asosiasi Bidang Satpam yang paling tua usianya di Indonesia dibandingkan dengan Asosiasi bidang satpam yang ada Indonesia. Mengacu kepada ketentuan Polri, bahwa asosiasi bidang satpam harus tergerister di Mabes Polri. Salah satunya adalah Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI).

Dalam struktur APSI ditingkat pusat ada Dewan Pimpinan Pusat (DPP), yang dibina oleh Kapolri dan selaku Pembina hariannya yaitu DIRBINPOTMAS BAHARKAM Polri, Sedangkan ditingkat Polda terdapat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) yang dibina oleh Kapolda dan selaku Pembina harian adalah Dirbinmas Polda setempat. Kemudian di tingkat Polres terdapat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) yang dibina oleh Kapolres setempat dan Pembina hariannya yaitu Kasatbinmas setempat, ujarnya.

Harmadi menerangkan, Manajer sekuriti berbeda dengan Manajer Satpam. Manajer Satpam hanya bertanggung jawab pada pengamanan phisik. Sedangkan Manajer Sekuriti mempunyai tanggung jawab yang lebih luas, yaitu bertanggung jawab atas keberlangsungan usaha perusahaan serta mengelola Crime And Lose Prevention dari sebab apapun. Fungsi Manajer Satpam dapat dilakukan Out Sourcing, Sedangkan Manajer Sekuriti tidak lazin dilakukan Out Sourcing, karena merupakan representasi dari direksi perusahaan, tandasnya.

Sementara itu, Bupati Kubar FX.Yapan, SH,MH dalam sambutan yang dibacakan oleh Plt.Asisten I Setkab Kubar,Faustinus Syaidirahman mengatakan, Satpam di Indonesia lahir sebagai Anak Kandung Polri. Tugas dan peran satpam dalam sector pengamanan merupakan turunan dari tugas yang diamanahkan Polri, sehingga satpam disebut sebagai Kelompok Profesi Pengemban Fungsi Kepolisian Terbatas Non Yustisial, seperti yang dimaksudkan dalam Pasal 3 ayat (1) Undang-Undang No.2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Selamat atas dikukuhkannya DPC-APSI Kabupaten Kubar. Kiranya kepengurusan APSI dapat lebih tajam dan fokus untuk memajukan satpam sebagai sebuah profesi yang lebih diakui, dihormati dan dibanggakan,” pungkas Syaidirahman.

Kapolres Kubar, AKBP.Irwan Yuli Prasetyo, S.I.K yang diwakili oleh Wakapolres Polres Kubar, Kompol.I Nyoman Wijana berharap dengan terbentuknya pengurus APSI Kubar akan membuat organisasi semakin berkembang serta mampu meningkatkan kinerja Satuan Pengamanan kearah yang lebih baik.

Wakapolres menuturkan, Peraturan Kapolri No.24 Tahun 2007 Tentang Sistem Manajeman Pengamanan Organisasi Perusahaan atau instansi lembaga pemerintah menyatakan bahwa Polri dapat menerbitkan surat izin operasional bagi asosiasi yang bergerak dibidang pengamanan sebagai bukti bahwa profil asosiasi tersebut telah dikenal oleh regulator keamanan yaitu Polri.

Pengesahan Pengurus DPC-APSI Kubar Periode 2021-2026 berdasarkan Surat Keputusan DPD APSI Kaltim No : 003/APSI/DPD-KALTIM/X/2021.

Dewan Pembina Daerah

1.Kapolres Kubar, AKBP Irwan Yuli Prasetyo,S.I.K

2.Kasat Binmas Polres Kubar, AKP Abdul Mutholib

Dewan Penasehat

1.Kadisnaker Kubar, Silan, SE

2Ketua Lembaga Adat Besar Kubar, Manar Dimansyah

Bidang Pengurus Harian

Ketua : Markus Dino, SE

Wakil Ketua : Marcelius Heri

Sekretaris : Sarjudi

Bendahara : Fabiana Kristanti, SP

Ketua Bidang Pendidikan dan Latihan : Paulus Ricky

Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Latihan : Yurnalis

Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan : Warni Widodo

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan : Bernadus Ardiansyah

Ketua Bidang Kerjasama dan Kemitraan : Paulus Pedaq

Ketua Bidang Peralatan dan Teknologi : Cherly Silia Marethana, S.Kom,MAP

Ketua Bidang Hukum dan Advokasi : Hendri Pilus Susanto,SH

Ketua Bidang Promosi, Humas dan Informasi : P.Yopy Sanaky

Wakil Ketua Bidang Promosi, Humas dan Informasi : Tusiniyanto

# hen #

 

 

 

 

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply