Tanamkan Semangat Perjuangan 45, SBC Kubar Gelar Salak 2 Sejauh 350 KM

Sendawar, Warta Kubar.Com

Sebanyak 13 orang peserta penyuka sepeda yang tergabung dalam wadah Sendawar Bike Community (SBC) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), kembali menggelar event Gowes Touring Adventure 2021. Sebelum memulai event bersepeda tersebut pun diberangkatkan menggunakan kapal motor angkutan umum perairan Sungai Mahakam menuju Kota Samarinda, pada Jumat (13/8/2021).

Sekum KONI Kubar Tobiyas F Kainawa Saat Melepas Gowes Salak 2 Komunitas SBC

SBC menggelar Gowes Touring Adventure Samarinda – Melak (Salak 2) melalui jarak sejauh 350 KM, yang akan berlangsung sejak 14-17 Agustus 2021.

Ketua SBC Kubar, Sadli kepada wartawan mengatakan Gowes Salak 2 digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-76 kemerdekaan RI Tahun 2021.

“13 peserta ini akan menempuh perjalanan dari Samarinda menuju Melak sepanjang 350 KM dengan mengayuh sepeda,” ujarnya.

Dia menambahkan, SBC akan melakukan perjalanan dengan mengayuh sepeda dari Kota Samarinda sejak Sabtu 14 Agustus 2021 siang hari. Selanjutnya perjalanan dari Samarinda akan diikuti juga oleh komunitas sepeda Tenggarong, Kukar.

“Setelah SBC tiba di Tenggarong, maka akan dilepas langsung menuju Kubar. Perjalanan dengan mengayuh sepeda melintasi akses Trans Kaltim Kukar-Kubar diperkirakan akan tiba di Kubar pada 16 Agustus. 12 orang merupakan gowes, dan 1 orang sebagai pengganti dengan menggunakan sepeda motor,” kata pria yang akrab disapa Alex.

Lanjutnya menuturkan, dalam perjalanan, ada dua titik peserta gowes akan menginap. Yakni di Kota Bangun, Kukar, dan Kampung Jambuk Makmur (Resak), Kubar.

“Selanjutnya perjalanan langsung menuju Kota Sendawar. Semoga tidak ada halangan dan 13 peserta gowes Salak 2 dapat kembali dengan selamat. Dan tahun depan SBC rencananya akan kembali menggelar  Gowes Sendawar – Muara Teweh. Kami mengajak masyarakat pecinta bersepeda untuk bergabung dengan komunitas SBC,” pungkasnya.

Sementara itu masih di tempat yang sama, Ketua Umum Komite Olah Raga Nasional (KONI) Kubar, Stepanus Ujung melalui Sekretaris Umum (Sekum) KONI Kubar, Tobiyas F Kainama mengatakan, Komunitas SBC bernaung dibawah Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) Kubar.

“KONI Kabupaten Kubar memberikan dukungan penuh terhadap setiap kegiatan komunitas sepeda SBC,” ujar pria berdarah Ambon ini.

Dia menerangkan, bahwa dukungan kepada SBC bukan berupa alokasi anggaran. Karena SBC hanya sebuah komunitas. Jadi KONI Kubar hanya bisa memberikan dukungan dengan penyediaan peralatan yang diperlukan SBC untuk berlatih.

“KONI Kubar berharap melalui Komunitas SBC nantinya bisa menjaring bibit-bibit atlet muda untuk sepeda melalui Cabor ISSI,” tandas Tobiyas.

Widodo, salah satu peserta Gowes Salak 2 mengakui bahwa misi yang diemban SBC dalam mengayuh sepeda sejauh 350 KM dinilai mampu membangkitkan semangat perjuangan dalam membangun NKRI. Karena memang bertepatan dengan menyambut HUT ke-76 kemerdekaan RI.

“Saat ini masih dalam masa pandemic covid-19. Sehingga kami perkuat protokol kesehatan. Melalui Gowes semangat kami tinggi. SBC bangga mewarisi semangat juang 45 untuk keutuhan NKRI,” pungkasnya.

# hen #

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply