Sekda Kubar Yacob Tulur Lepas Pawai Takbir Keliling

SENDAWAR, WARTAKUBAR.COM-Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) Drs. Yacob Tulur MM melepas Pawai Takbir keliling dalam rangka menyambut perayaan hari Raya Idul Fitri I Syawal I440 Hijriyah. Pemkab Kubar bekerja-sama dengan Pengurus Hari Besar Islam (PBHI) Kubar, melaksanakan kegiatan itu keliling kota Sendawar, dimulai dari Alun-alun ITHO dan berakhir finish di Islamic Center, Kecamatan Melak pada, Rabu malam (4/6/20I9) yang diikuti ratusan kendaraan hias roda empat.

Dalam Kesempatan itu Yacob Tulur yang mewakili Bupati Kubar FX Yapan menyampaikan, bahwa perayaan Pawai Takbir adalah sebagai wujud kegembiraan dan tanda kemenangan atas sikap, sifat dan prilaku yang tidak berkenan, dan juga sebagai satu kemenangan atas hal-hal yang bersifat duniawi.

“ Dengan berakhirnya bulan Suci Ramadhan kita dapat menahan sifat-sifat lahiriah dan dapat memenuhinya dengan amal ibadah kepada Allah SWT,” kata Yacob Tulur.

Dikatakan Yacob Tulur, bahwa sikap yang seperti ini hendaknya jangan hanya di bulan puasa saja, akan tetapi di kehidupan sehari-hari tingkah dan laku hendaknya bersikaplah seperti halnya pada bulan puasa, itu sudah mencerminkan sikap beribadah.

Ia menambahkan, mudah-mudahan segala kiprah dan pengabdian yang telah dan yang akan dilakukan menjadi berkah dan diberikan keselamatan serta rasa aman, sehingga dalam proses menjalankan program pembangunan yang sedang berlangsung dapat berjalan dengan lancer sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat Kubar kedepannya.

“ Pawai Takbir ini merupakan wujud ekspresi kegembiraan kita bersama”, ujar Yacob Tulur.

Diharapkan dengan adanya momentum ini dapat mempererat tali silaturahmi, baik antar sesame umat muslim maupun antar umat beragama lainnya, sehingga kegiatan ini dapat menjadi ajang syiar Islam ketengah masyarakat tentang ajaran islam yang aman, damai, dan saling menjaga toleransi.

“ Kemenangan rohani yang sesungguhnya akan mengangkat harkat dan martabat manusia menjadi umat yang benar-benar takwa,” tuturnya.

“ Mari seluruh kaum umat muslim kita bersama-sama memelihara dan memperteguh kedamaian dan kerukunan umat beragama di Kubar,” pintanya.

Ia menuturkan, disamping menjalin ukhuwah islamiah, sekaligus mempererat ukhuwah wathoniah untuk membangun kedewasaan dan toleransi, saling menghargai dan menghormati antar umat beragama, yang juga merupakan implementasi dan misi yang telah dicanangkan oleh pemkab kubar pada periode 20I6-202I pada butir yang ke enam, yakni penerapan nilai-nilai keagamaan dan budaya luhur dalam upaya menciptakan lingkungan dan hubungan sosial yang harmonis, tertib, aman, berbasisikan sikap toleransi, tenggang rasa dan gotong royong.

Hadir dalam acara tersebut, Kapolres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan, Dandim 09I2/KBR Letkol Inf.Anang Sofyan Effendi, Kadishub Kubar Drs.Rakhmat, Kemenag H.Isnaini, Ketua PHBI Kubar H.Edy Ahmadi, serta para tokoh agama.

“ Atas nama pemerintah Kabupaten Kutai Barat, saya dan seluruh masyarakat Kubar mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri I Syawal I440 Hijriyah mohon maaf lahir dan bathin bagi seluruh masyarakat Kubar yang merayakannya,” tutup Yacob Tulur.

# Henry Situmorang / Diskominfo Kutai Barat #

 

 

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply