Roberthus Syahrun Jabat Kepala Adat Kampung Dingin

Sendawar, Warta Kubar.Com

Roberthus Syahrun akhirnya terpilih menjadi Kepala Adat Kampung Dingin, Kecamatan Muara Lawa untuk periode 2019-2024.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Camat Muara Lawa ini mengungguli kandidat lainnya terpilih secara demokratis melalui Pemilihan Kepala Adat Kampung Dingin yang dilaksanakan pada, Kamis (17/10/2019).

Roberthus Syahrun kandidat dengan nomor urut 4 unggul dengan perolehan 115 suara.

Sementara tiga kandidat lainnya yakni, Maring mendapat 104 suara, Karya dengan perolehan 65 suara, dan Ukur mendapatkan 24 suara.

Camat Muara Lawa, Suhaimi mengatakan bahwa pemilihan Kepala Adat Kampung Dingin sudah sesuai dengan prosedur.

Menurutnya, sangat demokratis dan dihadiri oleh unsur Muspika Kecamatan Muara Lawa.

“Iya, benar berlangsung sangat demokratis. Pemilihan berjalan dengan lancar dan sukses sesuai dengan prosedur. Dari pihak kecamatan, polsek, dan koramil Muara Lawa turut hadir dalam pemilihan Kepala Adat Kampung Dingin,” ucapnya, Selasa (22/10/2019).

Camat berharap, kepala adat kampung terpilih agar dapat bekerja sesuai dengan prosedur. Yakni bersinergi dengan pemerintah kampung dan kecamatan.

Menjalankan dan menegakkan adat istiadat sesuai dengan budaya yang berlaku di Kubar. Juga berharap lembaga adat kampung mampu bersinergi dengan kecamatan,” pesannya.

Sementara itu Kepala Adat Kampung Dingin terpilih periode 2019-2024, Roberthus Syahrun mengatakan, siap bersinergi dengan pemerintah kampung, kecamatan dan kabupaten. Bahkan siap bersinergi dengan semua lembaga yang ada, demi memajukan kampung dan kesejahteraan masyarakat.

“Terima kasih kepada masyarakat Kampung Dingin yang telah memberikan kepercayaan dan amanah ini. Saya siap mengemban amanah ini serta menjalankan sesuai dengan aturan yang berlaku,” ungkapnya.

Syahrun menambahkan, dalam kerjanya akan memulai berusaha maksimal untuk meningkatkan budaya serta adat istiadat yang dimiliki oleh masyarakat Kampung Dingin yang notabene suku Dayak Benuaq.

“Salah satu bidang adat istiadat, yaitu dengan menertibkan hak waris sesuai dengan amanah,” katanya.

“Saya mengimbau masyarakat bersatu membangun Kampung Dingin. Tidak ada lagi terkotak kotak, mari bersama kita membangun daerah ini untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Diketahui penduduk Kampung Dingin berjumlah 600 kepala keluarga. Sementara jumlah pemilih dalam pemilihan kepala adat tersebut sebanyak 310 orang. Suara sah sebanyak 308, dan tidak sah 2 suara.

Untuk diketahui Roberthus Syahrun merupakan mantan Camat Muara Lawa periode 2006-2011 dan 2011-2016. Juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kesbangpol Kubar. Juga pernah menjadi guru dan pendiri Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Muara Lawa.

# hen #

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply