Resmi di Buka, Pemain Asing Ramaikan Piala Bupati

SENDAWAR,WARTAKUBAR.COM-Ribuan masyarakat pecinta olah raga Sepak Bola memenuhi stadion kebanggaan Kutai Barat Swalas Gunaq, untuk menyaksikan secara langsung perhelatan Pembukaan Kejuaraan Sepak Bola Bupati Cup Open, yang berlangsung di Stadion Swalas Gunaq pada, Senin (I7/6/20I9).

Ketua Panitia Kejuaraan Sepak Bola Piala Bupati 20I9 yang dihelat setiap 2 tahun ini, FX.Sumardi S.Sos, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab, KONI, Askab PSSI, serta seluruh pihak dan masyarakat Kubar yang telah mendukung pelaksananaan acara Piala Bupati 20I9.

“Panitia pelaksana bersama KONI Kubar telah menyiapkan hadiah dengan total Rp I56 juta. Untuk Juara I Putra senilai Rp 40 juta, Juara II Rp 30 juta, Juara III Rp 20 juta, dan Juara Harapan I senilai Rp I0 juta. Total hadiah untuk juara putra Rp I00 juta,” jelas Sumardi.

Sumardi menambahkan, Untuk juara I Putri hadiahnya senilai Rp 20 juta, Juara II Rp I5 juta, Juara III Rp I0 juta, serta Juara Harapan I senilai Rp 5 juta. Total hadiah untuk putrid Rp 50 juta.

“Pemain Terbaik Putra Rp 2 juta, terbaik putrid Rp I juta, dan pencetak gol terbanyak putrid Rp I juta. Total hadiah Rp I56 juta, ditambah tropi dan piagam penghargaan. Dana Bupati Cup 20I9 merupakan hibah dari APBD Kubar senilai Rp 500 juta,” ungkapnya.

Acara pembukaan kejuaraan sepak bola tahunan yang diikuti tim sepak bola I6 Kecamatan se-Kubar diawali dengan parade Defile oleh I6 Tim peserta Bupati Cup 20I9 langsung dibuka oleh Bupati Kubar FX.Yapan SH didampingi Wakil Bupati Kubar, H.Edyanto Arkan SE. Juga hadir Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh SH, bersama Wabup Mahulu Drs.Yohanes Juan Jenau.

Bupati FX Yapan SH yang bergelar Tumenggung Singa Praja dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kubar, Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Kubar, Panitia Pelaksana Bupati Cup 20I9, dan seluruh pihak yang terlibat serta I6 Kecamatan se-Kubar.

“Kejuaraan ini saya harap bisa menyuguhkan pertandingan yang terbaik, sehingga dapat memacu olah raga sepak bola di Kubar. Kita mengetahui bahwa sepak bola sangat digemari oleh masyarakat Kubar. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini semakin menggairahkan masyarakat untuk semakin sehat, mencintai olah raga. Sebagai ajang bagi Kubar untuk mengasah kemampuan dan pengalaman bertanding,” ujar Bupati.

Bupati menjelaskan bahwa kegiatan ini telah menggerakkan para pemerhati olah raga sepak bola menjadi donator para tim mulai dari persiapan hingga memperkuat tim dengan mendatangkan pemain luar daerah, bahkan luar negeri.

“Pergunakan kesempatan ini untuk meningkatkan kembali kerja keras dan kerja nyata guna menyambut Hari Esok Yang Lebih Baik Daripada Hari Ini, ucapnya.

Bupati FX Yapan juga menegaskan bahwa pembiayaan belanja pemain asing luar daerah bahkan luar negeri itu merupakan tanggung jawab tim masing-masing. Biaya pemain asing bukan ditanggung panitia, tegas Bupati.

“Akhirnya dengan memohon rahmat penyertaan Tuhan Yang Maha Esa, Kejuaraan Sepak Bola Piala Bupati Kutai Barat Tahun 20I9 saya nyatakan resmi dibuka,” tandas Bupati FX Yapan.

Sementara itu Ketua Umum KONI Kubar, Stepanus Ujung SP mengatakan, Kejuaraan itu sebagai hiburan tahunan bagi masyarakat se-Kubar. Even tersebut mirip dengan kejuaraan nasional yang dilaksanakan di daerah. Sehingga diharapkan sukses dalam penyelenggaraan, pendanaan, sukses ekonomi kerakyatan, dan sukses prestasi.

“Hadirnya hadirnya pemain luar/asing, bisa memberikan pembelajaran kepada atlet-atlet sepak bola Kubar, bagaimana sesungguhnya mengelola sepak bola secara profesional,” ungkapnya.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua Askab PSSI Kubar, Yacobus Yamon S.Pd, M.Si, berharap kejuaraan itu berjalan aman dan sukses, sehingga mampu membangkitkan nama Kubar keluar daerah bahkan ke tingkat nasional dan internasional.

“Perlihatkan permainan yang baik sehingga penonton dapat menikmati dan mlebih mencintai olah-raga sepak bola,” tuturnya.

“Jadikan ajang ini jembatan silaturahmi, junjung sportifitas dalam pertandingan. Beharap turnemen ini mampu melahirkan bibit-bibit sepak bola profesional kedepan mengharumkan nama Kubar,” harapnya.

Untuk diketahui, Kejuaraan Sepak Bola Piala Bupati Kubar 20I9 sebagai ajang Road To Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim ke-VIII, Kubar ditunjuk sebagai tuan rumah I0 Kabupaten/kota se-Kaltim pada 2026 mendatang.

Piala Bupati tahun 20I9 itu dijadwalkan berlangsung sejak tanggal I7 hingga 02 Juli 20I9 dengan sistem setengah kompetisi. Pada kesempatan perdana Tim kesebelasan Kecamatan Nyuatan berhadapan dengan Tim kesebelasan Kecamatan Penyinggahan.

Hadir pula dalam acara itu Kapolres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan, Dandim 09I2/KBR Letkol Inf Anang Sofyan Effendi, Kadispora Kubar Yulius Memphin, Kadis Perhubungan Kubar Drs Rachmat, Kadis Kesehatan Rita Sinaga, serta hadirin undangan.

# Henry Situmorang / Diskominfo Kutai Barat #

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply