3.2 C
Kutai
Friday, January 28, 2022
spot_img

Prihatin, AJK Kubar-Mahulu Donasi Rehab Rumah di Linggang Mapan

Linggang Bigung, Warta Kubar.Com- Ternyata kesibukan juru warta bukan hanya soal perburuan berita. Namun para wartawan daerah yang bertugas di Kutai Barat (Kubar) dan Mahakam Ulu (Mahulu), atau yang dikenal dengan Asosiasi Jurnalis Kubar (AJK), mengadakan rehap rumah milik seorang ibu Ngeban (57), warga Kampung Linggang Mapan, Kecamatan Linggang Bigung, Selasa (4/1/2022).

Ngeban janda paruh baya yang menderita sakit stroke bertahun tahun ini,  hidup  dengan putranya bernama Melandri yang baru duduk dibangku sekolah SMP setempat. Yang membuat prihatin, putranya Melandri harus mencari sayur rebung  untuk dijual agar memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Dalam gerakan kemanusiaan program bantuan rehab rumah Ngeban, AJK menyiapkan bahan material bangunan rumah tersebut. Selanjutnya berkordinasi dengan Petinggi Kampung Linggang Mapan, Wilhelmus untuk berkolaborasi dengan warga setempat mengerjakan rehap rumah itu hingga tuntas, yang dimulai besok pada Rabu 5 Januari 2022.

“Kami melihat rumah tersebut sangat layak untuk direhab, maka kami bersama rekan rekan Jurnalis media cetak dan online, untuk merehab rumah Ibu Ngeban agar lebih layak huni,” ungkap Ketua AJK Kubar-Mahulu, Alfian Nur, didampingi Wakil Ketua Andi Ichal dan Sekretaris Imran Yusran, serta Bendahara Febrian dan anggota AJK lainnya, usai menyerahkan bahan matrial bangunan rumah tersebut.

Wakil Ketua AJK, Andi Ichal juga sebagai penggagas giat ini mengatakan, gerakan aksi sosial ini merupakan bukti nyata sinergi para Jurnalis dengan salah satu donator yang tak mau muncul dipublikasi untuk kegiatan positif.

“Kali ini gerakan itu dimanfaatkan untuk mengadakan program rehab rumah warga fakir miskin. Selanjutnya insyaallah dalam kegiatan berikutnya, dimanfaatkan untuk berbagai aksi sosial lainya dalam mambantu warga fakir miskin di wilayah Kubar dan Mahulu,” tutur Ichal.

Kegiatan rehab rumah tersebut mendapat sambutan baik dari warga sekitar. Kegiatan itu dinilai sangat bermanfaat bagi warga yang membutuhkan. “Kami sangat berterimakasih atas perhatian dan bantuan para wartawan yang begitu besar, peduli terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan,” imbuh Wilhelmus Petinggi Kampung Linggang Mapan.

Petinggi Wilhelmus mengatakan, sampai saat ini sulit baginya untuk memberi bantuan rehab rumah itu yang belokasi di RT 04 Kampung Linggang Mapan. Sebab tanah yang di bangun rumahnya Ngeban ini, masih berstatus pinjam pakai dari kerabat dekatnya.

“Karena rumah itu tidak bisa mendapat bantuan rehab rumah dari pemerintah. Karena status tanah bangunan rumanya ini masih milik saudaranya dan belum ada surat hibah. Oleh karena itu, sulit mendapat bantuan rehap rumah dari pemerintah,” kata Wihelmus.

Adapun bahan material bangunan yang telah diserahkan oleh tim AJK untuk perehapan rumah Ngeban, berupa Papan, Balok, Seng atap rumah, Semen dan Pasir, Papan Plywood, Closet Duduk, Paku atap dan papan, serta cat tembok dan uang tunai Rp 2 juta untuk komsumsi warga gotong royong perehapan rumah tersebut.

# hen #

 

Comments

comments

Henry Situmoranghttps://wartakubar.com
Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru