Peringatan HSP ke-91, Bupati Yapan Ajak Pemuda Membangun Kubar

Sendawar,wartakubar.co

Bupati Kutai Barat FX Yapan SH yang bergelar Tumenggung Singa Praja memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91, Senin (28/10/2019) di Alun-Alun ITHO Sendawar.

Membacakan Sambutan Menteri Pemuda Dan Olah Raga Republik Indonesia Dr.H Zainudin Amali SE, M.Si Bupati FX Yapan mengajak seluruh pemuda untuk proaktif membangun Kubar.

Pemuda yang memiliki karakter tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggungjawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional,” ucap Yapan.

Bupati menyampaikan tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena ditangan pemuda Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif, serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

“Diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang positif,” tandasnya.

“Semoga melalui peringatan HSP ke-91 kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita,” tutup Bupati Yapan.

Sementara Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) FX.Sumardi mengatakan era globalisasi yang ditandai dengan kemajuan teknologi harus dimanfaatkan dengan baik oleh para pemuda.

“Para pemuda akan terpapar berita hoax di dunia maya jika tidak menyikapinya dengan bijak,” ucap FX.Sumardi.

Sumardi mengajak pemuda Kubar mempersiapkan diri untuk bersatu dan solid bergerak, menyongsong IKN di Kaltim.

Dia juga menyinggung terkait pelaksanaan pilkada Kubar 2020 mendatang, agar pemuda di Kubar yang telah memiliki hak pilih, untuk memberikan suaranya demi kemajuan Kubar kedepan.

Diketahui peringatan HSP KE-91 ini mengangkat tema’Sumpah Pemuda Bersatu Kita Maju’, ‘Pemuda Kutai Barat Solid Bergerak Menyongsong Ibu Kota Negara di Kaltim’. KNPI Kubar juga menggelar sejumlah kegiatan kepemudaan, diantaranya Dialog Kebangsaan, Fashion Show dan Diskusi Kepemudaan.

Turut hadir dalam upacara peringatan HSP KE-91 Wakil Bupati Kubar H.Edyanto Arkan, Sekretaris Daerah Kubar Drs.Yacob Tullur MM, para Asisten Pemkab Kubar, para Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Kubar, Ketua DPRD Kubar Ridwai beserta anggota, Kapolres Kubar AKBP.I Putu Yuni Setiawan, Dandim 0912 Kubar Letkol Inf.Anang Sofyan Efendi, Kasi Intel Kajari Kubar Ricky Panggabean, Ketua KONI Kubar Stepanus Ujung, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan hadirin undangan.

# hen #

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply