2 C
Kutai
Friday, January 28, 2022
spot_img

Perbub Terbit, Peserta Didik Di Kubar Diajar Pendidikan Karakter Anti Korupsi

Sendawar, Warta Kubar.Com-Guna menerapkan budaya anti korupsi yang merupakan salah satu upaya membentuk generasi yang berintegritas dengan menerapkan nilai jujur, peduli, mandiri,  disiplin, kerja keras, berani dan bertanggung jawab untuk mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur dan beradab, maka kini terbit Peraturan Bupati Nomor 16 Tahun 2021Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Karakter dan Budaya Anti Korupsi Pada Satuan Pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Silvanus Ngampun saat ditemui Media Online Warta Kubar.Com menyatakan, bahwa terbitnya perbub merupakan bagian dari pendidikan karakter di satuan pendidikan. Pada disdikbud Kubar sendiri juga terdapat dua seksi yang menangani pendidikan karakter yaitu Pendidikan Dasar dan Pendidikan Non Formal (PNF).

Menurutnya, terbitnya perbup juga dimotori sebuah gagasan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera ditindaklanjuti dan direalisasikan di Kubar. Sejak tahun 2020 lalu disdikbud sudah merancang, barulah tahun 2021 ini resmi ditetapkan dengan terbitnya perbub.

“Jadi peserta didik ditanamkan pendidikan tentang anti korupsi. Sejak dini sudah diajar korupsi itu tidak baik. Korupsi bukan hanya materi, bisa waktu dan lainnya dalam arti luas,” katanya, Kamis (2/12/2021) di ruang kerjanya.

Kadis menerangkan, untuk tenaga pendidik termasuk juga orang tua harus bisa memberikan teladan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi kepada anak-anak didik.

“Pendidikan karakter anti korupsi sudah diperkenalkan dalam mata pelajaran sejak dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai pada tingkat lanjutan atas dan akan terus ditanamkan. Pada tingkat pendidikan lanjutan atas mungkin akan dikenai reward dan punishment yang bisa diterapkan secara bertahap,” ujarnya.

Silvanus Ngampun menambahkan bahwa saat ini pihaknya sedang masuk dalam tahap sosialisasi kurikulum pendidikan karakter anti korupsi di sekolah-sekolah. Dan belum lama ini disdikbud sudah melakukan kegiatan sosialisasi terkait perbub pendidikan karakter dengan narasumber dari Inspektorat Kubar dan dari disdikbud Kubar.

# hen #

 

 

 

 

Comments

comments

Henry Situmoranghttps://wartakubar.com
Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru