Pemerintah Imbau Tak Ada Arak-Arakan Malam Takbiran Perayaan Idul Fitri

Sendawar, Warta Kubar.co

Kepolisian Resor (Polres) Kutai Barat (Kubar) menggelar Apel Kesiapan dan Pengamanan Malam Takbir dan Sholat Ied Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H 2021 yang bersamaan juga dengan perayaan Kenaikan Isa Almasih bagi umat Nasrani.

Apel gabungan yang juga melibatkan personil Kodim 0912/Kubar, Pol Air, Dinas Perhubungan, BPBD serta Satpol PP tersebut berlangsung berlangsung, Rabu (12/5/2021) sore bertempat di halaman Mapolres Kubar.

Apel gabungan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kubar AKBP.Irwan Yuli Prasetyo menyampaikan apresiasi kepada setiap personil dari TNI maupun Pemerintah Kabupaten Kubar yang tergabung dalam pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H dan Kenaikan Isa Almasih.

Kapolres Irwan mengatakan bahwa sesuai dengan surat edaran dari pusat baik itu Kementerian Agama maupun Satgas Covid-19 hingga edaran pemerintah daerah mengimbau agar masyarakat saat merayakan Idul Fitri 1442 H dan Kenaikan Isa Almasih melakukan pembatasan serta melakukan protokol kesehatan yang ketat.

“Mengingat pandemi covid-19 yang masih melanda, bahkan dua kecamatan yaitu Barong Tongkok dan Melak terdeteksi dalam zona merah. Karena itu sholat Ied di dua kecamatan ini ditiadakan di Masjid-masjid tapi di rumah saja. Untuk Kecamatan dengan zona hijau dan kuning boleh melaksanakan sholat Ied di Masjid-masjid tentunya dengan melakukan protokol kesehatan yang ketat,” ucap Kapolres Irwan.

Dia menambahkan memang perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya mengingat pandemi covid-19 masih melanda Kubar dan belum menunjukkan angka penurunan penularan.

“Arak-Arakan manusia maupun kendaraan bermotor saat malam takbiran Idul Fitri 1442 H juga dihimbau ditiadakan. Hal ini untuk mencegah penularan covid-19 di Kubar,” ujarnya.

Sementara itu masih ditempat yang sama Plt.Asisten I Setkab Kubar Syaidirahman juga memohon dan mengimbau agar masyarakat melakukan pembatasan kegiatan – kegiatan saat pelaksanaan perayaan hari raya maupun Kenaikan Isa Almasih.

“Adapun keputusan-keputusan dalam surat edaran terkait pembatasan kegiatan saat perayaan hari raya Idul Fitri maupun Kenaikan Isa Almasih telah dibicarakan serta disepakati dengan para tokoh-tokoh agama di Kubar dan hal ini demi kebaikan kita semua masyarakat Kubar,” katanya.

Turut hadir dalam kegiatan apel gabungan pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, Dandim 0912/Kubar Letkol.Inf.Anang Sofyan Efendi, Kepala BPBD Kubar Hendarman Supandji, Kepala Dinas Kesehatan Kubar Ritawati Sinaga, Kadis Perhubungan Rahmat.

Untuk diketahui  pengamanan perayaan Idul Fitri 1442 H dan Kenaikan Isa Almasih bagi umat Nasrani Polres Kubar menerjunkan sedikitnya 200 personil ditambah dari Kodim 0912/Kubar dan Satpol PP.

# hen #

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply