Tambah (lagi) Tiga Cluster Gowa Positif Kasus Covid-19 Yacob Tulur: Kita Harus Jujur

Sendawar, wartakubar

Tim Gugus Tugas covid-19 Kabupaten Kutai Barat (Kubar) kembali menyampaikan update perkembangan pandemi virus covid-19 di Tana Purai Ngeriman.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kubar, Drs Yacob Tulur MM secara langsung menyampaikan perkembangan penanganan covid-19 di Kubar.

Yacob Tulur mengatakan sesuai dengan hasil test swab Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya per tanggal 25 April 2020 ada tambahan PCR Positif sebanyak tiga orang.

“Tiga orang yang positif terpapar covid-19 tersebut yakni, seorang pria inisial T dari Kubar 9, seorang Pria inisial D dari Kubar 10, dan seorang Pria inisial MA dari Kubar 11,” urainya saat memberikan keterangan resmi kepada awak media, Sabtu (25/4/2020) di ruangan media center gugus tugas pencegahan covid-19 Kabupaten Kubar di Sendawar.

Lebih lanjut dia mengatakan, bahwa hasil tersebut menambah jumlah kasus positif terkorfirmasi covid-19 hingga jumlahnya adalah sebelas penderita virus yang mematikan tersebut.

“Untuk diketahui bahwa ketiga penderita positif covid-19 tersebut masih terkait cluster Gowa Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

Pasien yang masih menunggu hasil PCR berjumlah satu orang.

“Kita masih menunggu hasilnya keluar. Kita berharap hasilnya negatif,” pintanya.

Saat ini jumlah ODP 210 Orang, Selesai Pemantauan 158 Orang, Dalam Proses Pemantauan 50 orang, PDP 8 orang, OTG 35 orang, pelaku perjalanan 3930 orang.

Konfirmasi sebelas orang tersebut terdiri dari 4 PDP, 4 OTG, 3 ODP.

“Orang Tanpa Gejala pun bisa terjadi positif terpapar covid-19 jadi jangan mengabaikan hal ini,” ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Kutai Barat terus mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari sesuatu benda atau barang yang sering disentuh oleh orang banyak.

Segera mencuci tangan setelah menyentuh benda dengan menggunakan cairan antiseptik atau sabun.

Mendata atau melaporkan dan mewajibkan semua warga yang melakukan perjalanan ke luar daerah atau kontak dengan orang positif covid-19 ke Puskesmas setempat melalui Nomor Hotline yang ada.

“Kita semua berharap kejujuran paling utama. Jangan sampai ada kasus kematian seperti di daerah lain yang positif covid-19. Di Kubar jangan sampai terjadi hal demikian,” tegasnya.

Selalu menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah. Karena saat ini diketahui bahwa virus bisa melayang di udara sampai delapan jam.

Dihimbau juga agar masyarakat Kutai Barat agar tidak panik, tetap waspada, dan jangan ikut menyebarkan berita yang tidak bisa dipastikan kebenarannya.

Bagi masyarakat yang memiliki KTP di luar Kubar dan Mahulu diminta untuk tidak masuk ke Kubar terkait adanya pembatasan akses di pos-pos perbatasan. Kecuali barang seperti sembako atau yang menyangkut kepentingan umum.

Hadir saat pers conference tersebut, Asisten I Sekretariat Kabupaten Kubar Misran Efendi, Kadis Kesehatan Kubar Ritawati Sinaga, Kabag Ops Polres Kubar Kompol Sarman SH, Perwakilan Kodim 0912 Kubar, Kepala BPBD Jenton S.Pd.

# hen #

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply