spot_img
5.2 C
Kutai
Friday, June 2, 2023
spot_img

Lantik 99 Petinggi Kampung, FX Yapan Ingatkan Terbuka Soal Anggaran

Bupati Kutai Barat FX. Yapan Memberikan Selamat Kepada 99 Orang Petinggi Kampung Yang Dilantik

SENDAWAR, WARTA KUBAR.Com- Sebanyak 99 Petinggi atau Kepala Desa hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak se-Kabupaten Kutai Barat (Kubar) yang telah di gelar 10 maret 2023 lalu, resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Kubar FX Yapan.

Pelantikan dilaksanakan di Auditorium Aji Tulur Jejangkat , Jumat (5/5/2023) pagi.

Bupati Kutai Barat, FX Yapan mengucapkan selamat kepada para Petinggi yang baru saja dilantik dan diambil sumpah.

Dirinya tidak lupa mengimbau para Petinggi agar senantiasa terbuka perihal anggaran desa, serta selalu berhati-hati dalam meggunakan anggaran tersebut sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan tertib administrasi, serta saling memberikan masukan antara Petinggi dan masyarakat.

Bupati Kubar dua periode ini menambahkan seorang petinggi punya tugas yang besar dan diharapkan mampu memegang teguh komitmen sejalan dengan visi misi yang di janjikan petinggi saat kampanye jelang pilkades yang disaksikan oleh masyarakat kampung.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kubar itu juga mengimbau agar dalam menyusun, merencanakan dan melaksanakan pembangunan agar petinggi terpilih dapat melibatkan seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, sehingga seluruh rencana dan kegiatan dilaksanakan peruntukkannya adalah benar-benar dari rembug warga sehingga segala bentuk kegiatan ini sesuai dengan kebutuhan dari masyarakat.

“Dan Paling penting pengelolaan keuangan harus sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegas FX Yapan.

FX. Yapan mengharap petinggi dapat menggali sumber daya dan potensi unggulan masing-masing kampung. Jalin sinergitas dan peluang kerjasama untuk memperluas jejaring kerja kepada seluruh mitra pembangun kampung sehingga semakin meningkatkan kehidupan masyarakat diseluruh lini.

Pelantikan Petinggi serentak kali ini di lanjutkan dengan sosialisasi penyampaian materi terkait fungsi dan tugas seorang petinggi sehingga nantinya petinggi-petinggi kampung lebih memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai seorang petinggi.

Untuk diketahui bersama bahwa di Kubar ada 99 Kampung di 15 Kecamatan yang melaksanakan agenda pemilihan kepala kampung dan diikuti sebanyak 331 calon petinggi dan 63 diantaranya adalah calon incumbent serta 15 calon petinggi perempuan.
Dengan total 42.802 pemilih yang menggunakan hak pilih dari 54.720 daftar pemilih tetap dan 63 persen calon petahana kembali terpilih dan, dan dari 99 petinggi terpilih tiga diantaranya adalah petinggi perempuan. (KP23)

 

Comments

comments

Henry Situmoranghttps://wartakubar.com
Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru