Kutai Barat Akan Bangun Lapas

Pemerintah Kabupaten Kutai Barat( Kubar) telah menghibahkan lahan dengan luas 9,4 hektare untuk membangun Lembaga Pemasyarakatan(Lapas) yang berlokasi di jalan Hasanuddin, Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok.

Sejak awal Pemkab Kubar telah melakukan Penunjukan Lokasi di Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia untuk pembangunan lapas tersebut. Penunjukan lokasi yang diberikan memang khusus untuk lapas. Lahan tersebut untuk bangunan lapas dan itu sudah diketahui Kemenkumham yang nantinya pasti akan segera dibangun, ungkap Wakil Bupati Kubar H.Edyanto Arkan SE, Rabu(17/1/2018) di Sendawar.

Sambung Dia menjelaskan, Seperti yang diketahui untuk warga binaan di Kubar dan Mahulu saat ini semua di tampung di Lapas Tenggarong, Kutai Kartanegara(Kukar), sedangkan sekarang ini telah kelebihan kapasitas(Overload) tiga kali lipat penghuninya. Karena tidak hanya dihuni warga binaan dari Kubar dan Mahulu saja melainkan dihuni oleh warga Kabupaten/Kota lainnya di Kaltim.

Lanjut Wabup, setelah proses hibah tanah tuntas dari Pemkab Kubar, maka akan ditindaklanjuti dengan penganggaran untuk pembangunannya yang bersumber dari APBN.

“ Dengan dibangunnya Lembaga Pemasyarakatan ini maka warga binaan di Kubar dan Mahulu bias ditampung dalam satu lokasi sehingga akan memudahkan pembinaan, pengamanan dan pemenuhan semua unsur Hak Azasi Manusia(HAM),” harap Arkan.

# Henry Situmorang #

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply