Kodim 0912/Kbr Bersama Forkopimda Ikuti Peringatan HUT ke-76 TNI, Jokowi: Budaya Strategis TNI Manunggal Dengan Rakyat

SENDAWAR, Warta Kubar.Com-Komando Distrik Militer (Kodim) 0912 Kutai Barat (Kubar) mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Selasa (5/10/2021) di Makodim 0912/Kbr, Jalan Gajahmada, Kelurahan Barong Tongkok.

Dalam sambutan Peringatan Hut ke-76 TNI yang berlangsung secara virtual dengan tema Bersatu, Berjuang Kita Pasti menang, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan, Rakyat, Bangsa dan Negara mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI yang menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa, menjaga keutuhan wilayah RI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Presiden RI Joko Widodo dalam amanatnya mengatakan, Penanganan pandemi covid-19 di Indonesia tidak lepas dari peran besar TNI. TNI harus selalu mengedepankan profesionalisme dalam tugas, kemampuan individu maupun kemampuan pemanfaatan teknologi dan alutista.

Joko Widodo meminta kesigapan TNI agar selalu diaktifkan terhadap spektrum ancaman yang lebih luas. Seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam, radikalisme, terorisme, ancaman siber, dan juga ancaman bencana alam. Transformasi TNI harus terus dilanjutkan untuk pembentukan kapabilitas pertahanan yang relevan dengan perkembangan tehnologi militer terkini, sehingga dapat bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan dilingkungan strategis regional maupun global.

“Muatan budaya strategis Prajurit dan Perwira TNI harus tetap menjadi pondasi utama transformasi pertahanan, yaitu TNI Manunggal dengan Rakyat,” ujar Presiden Joko Widodo.

Jokowi menegaskan, kita harus bergeser dari kebijakan belanja pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan, yang berpikir jangka panjang, dirancang sistematis, dan yang dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan.

“Selamat HUT ke-76 TNI, Selamat bekerja dan mengabdi untuk nusa dan bangsa . Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu bersama kita. Dirgahayu TNI, Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang,” tutup Presiden Joko Widodo.

Wakil Bupati Kubar H.Edyanto Arkan Bersama Dandim 0912/Kbr Letkol.Kav.Yudhi Prasetyo Purnomo Saat Pemotongan Tumpeng HUT ke-76 TNI

Sementara itu masih di tempat yang sama, Wakil Bupati Kubar, H Edyanto Arkan berharap peran TNI juga dapat memerangi kemiskinan, kebodohan, dan ketertinggalan yang ada di Kubar. Sehingga masyarakat Kubar bisa sejajar menapak pembangunan dengan daerah lain. Apabila bergerak bersama TNI-Polri maka setiap masalah akan bisa diatasi bersama.

Wabub Edyanto sangat yakin apabila pemerintah bisa sinergi dengan TNI-Polri, maka setiap program pembangunan akan berjalan dengan baik. Sebut saja pelaksanaan serbuan vaksinasi covid-19 di Kubar dapat berjalan dengan baik.

“Kita minta TNI-Polri terus mendampingi pemerintah daerah . Bersama-sama membawa masyarakat Kubar dari ketertinggalan menjadi sejajar dan selangkah maju dengan daerah lainnya di Kaltim,” tandasnya.

Komandan Kodim 0912 Kubar, Letkol.Kav.Yudhi Prasetyo Purnomo S.Sos M.I.Pol mengatakan, TNI mendukung pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk menangani pandemi covid-19. Berbagai kegiatan telah dilakukan seperti, dukungan kepada pemerintah daerah dalam meningkatkan Labfor ICU, Pelaksanaan vaksinasi, pelaksanaan kegiatan dalam rangka PPKM, melakukan penyekatan-penyekatan, juga pelaksanaan operasi yustisi bekerjasama dengan Polri.

“Alhamdulilah, hingga saat ini Kubar dan Mahulu angka penyebaran covid-19 telah menurun. Kubar sudah berada dilevel kuning, dan Mahakam Ulu sudah zona hijau,” ungkapnya.

Dandim menambahkan, khusus dalam peringatan Hut ke-76 TNI, Kodim 0912 Kubar telah melakukan berbagai kegiatan, Bhakti sosial terhadap warga yang terdampak pandemi covid-19, Anjangsana, kemudian serbuan vaksin. Upaya tersebut dilakukan untuk mendukung pemerintah daerah.

Turut hadir upacara peringatan HUT ke-76 TNI yang berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan, Wakil Ketua I DPRD Kubar H. Ahmad Syaiful Acong, Kapolres Kubar AKBP.Irwan Yuli Prasetyo S.I.K, Kasi Intel Kejari Kubar Ricki Rionart Panggabean SH MH.Li, Perwakilan Pengadilan Negeri Kelas II Kubar, Kasdim 0912 Kubar Mayor Czi Vispha Yudha Aguzta.

# hen #

 

 

 

 

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply