Kesbangpol Gandeng KPU Launching DP3 di Belempung Ulaq

SENDAWAR, Warta Kubar.Com- Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) melalui Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Barat menggelar Launching Desa Peduli Pemilu Dan Pemilihan (DP3), Kamis (21/10/2021) di Sport Hall Kampung Belempung Ulaq, Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur.

Ketua KPU Kubar Arkadius Hanye, SH

Dalam kesempatan itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Barat, Arkadius Hanye, SH mengatakan, Program ini merupakan inovasi KPU Kubar, juga persiapan untuk menghadapi tahapan pemilu serentak Tahun 2024.

Mengacu kepada Undang-Undang No.10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Kepala Daerah, dan Undang-Undang No.7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum telah diatur bahwa pemerintah mendukung program pemilu dan pemilihan, diantaranya melakukan pendidikan pemilih maupun sosialisasi pemilu.

Menurut Arkadius Hanye, Program ini adalah pendidikan pemilih dan politik bagi masyarakat, untuk mewujudkan pelaksanaan pemilu yang bermartabat, tanpa kekerasan, isu sara dan lainnya.

Partisipasi pemilu tahun 1999 mencapai 92,6%, kemudian terjadi penurunan di 2004 yaitu, Pileg 84,1%, Pilpres putaran pertama 78,2 %, kemudian putaran ke-dua 76%. Selanjutnya pemilu Pileg 2009 turun lagi 70,9%, dan Pilpres 71%.

Angka Pemilukada di Kubar tahun 2015 mencapai 67,6%, kemudian 2018 mencapai 58,22%. Sedangkan saat Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 pencapaian 71,14%.

“Pencapaian tersebut atas  karena adanya dukungan dari pemerintah, Bawaslu, Aparat keamanan, juga tentunya atas dukungan masyarakat Kubar yang turut berpartisipasi menggunakan hak pilihnya,” ujar Arkadius Hanye.

Dia menambahkan, dengan adanya kader Desa Peduli Pemilu Dan Pemilihan berharap adanya keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan pemilu maupun pemilihan yang akan datang. Keterlibatannya berupaya meningkatkan partisipasi pemilih dan menjaga kualitas pemilu itu sendiri.

“Satu hal yang kita harapkan bersama yaitu, Dari Desa Untuk Demokrasi dan Dari Desa Untuk Indonesia,” tandas Arkadius Hanye.

Kepala Badan Kesbangpol Kubar Suwito, S.STP

Sementara itu, Bupati Kubar FX.Yapan SH MH melalui Kepala Badan Kesbangpol Kubar, Suwito, S.STP menyampaikan, dengan dilaksanakannya acara tersebut akan mendorong antusias masyarakat untuk berpartisipasi dan terlibat aktif dalam mengikuti tahapan penyelenggaraan  pemilu 2024 mendatang.

Lanjut Suwito membacakan sambutan, Adapun Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan ini untuk pertama kali dilaksanakan di Kubar. Program ini bertujuan untuk membangun kesadaran politik masyarakat guna menjadi pemilih yang mandiri, cerdas, rasional dan juga meningkatkan kuantitas dan kualitas partisipasi pemilih di lingkungannya.

“ Atas nama Pemkab Kubar, Saya mengapresiasi dan menyambut baik implementasi program DP3,” ucap Suwito.

Bupati dua periode FX.Yapan berpesan, kiranya semua pihak terkait dapat mendukung program DP3, sehingga dapat berjalan dengan baik. Kepada para kader yang dikukuhkan dan mengikuti pembekalan, diharapkan dapat menjalankan tugas dengan baik. manfaatkan forum ini untuk belajar serta meningkatkan kualitas berpikir untuk mendukung program pelaksanaan kerja DP3 kedepan. Berharap juga keberadaan para kader dapat disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga peran serta masyarakat dalam mensukseskan program DP3 dapat dilibatkan secara maksimal.

Selanjutnya, kiranya program DP3 di Kampung Belempung Ulaq ini kiranya dapat menjadi kampung percontohan yang dapat menggerakkan kampung-kampung lainnya dapat menjadi kampung percontohan serupa.

“Saya minta agar seluruh pihak dapat mendukung program DP3 untuk Hari Esok Kutai Barat Lebih Baik daripada Hari Ini,” tutup Suwito dalam sambutan.

Sementara dalam kesempatan itu, Camat Barong Tongkok, Denasius Sodop, S.PD menilai Kampung Belempung Ulaq memang dianggap layak dijadikan kampung percontohan program DP3.

Pengukuhan dan Pembekalan Kader DP3

Acara yang berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat tersebut juga dirangkai dengan pengukuhan serta pembekalan 20 (dua puluh) orang kader Desa Peduli Pemilu Dan Pemilihan (DP3). Adapun pemateri dalam pembekalan itu dilaksanakan oleh KPU dan Kesbangpol dengan materi seputar pemilu dan pemilihan.

Turut hadir dalam acara itu, Petinggi Kampung Belempung Ulaq Kopli beserta staf, Ketua BPK Kampung Belempung Ulaq Jefri Y Manggribeth beserta anggota, Kepala Adat Kampung Belempung Ulaq Rahmadsyah beserta anggota, Komisioner KPU Kubar, Sekretaris KPU Kubar Syamsuniq, M.PD, Kasat Binmas Polres Kubar AKP. Abdul Mutholib, Pasiter Kodim 0912/Kbr  Lettu.Inf.Hariyadi dan hadirin undangan.

Hadirin Launching DP3 Kampung Belempung Ulaq

# hen #

 

 

 

 

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply