2 C
Kutai
Friday, January 28, 2022
spot_img

Kejari Kubar Rilis Capaian Kinerja Sepanjang Tahun 2021

KONFERENSI PERS- Kepala Kejari Kubar, Bayu Pramesti SH, didampingi Kasi Intel Kejari Kubar, Ricki Rionart Panggabean SH MH, Kasi Pidsus, Iswan Noor SH MH, Kasi pidum, Muhammad Israq SH, serta Kasubag Pembinaan, Syarifuddin SH, dalam konferensi pers di Kantor Kejari Kubar, Sendawar, Selasa 4 Januari 2022. (Foto : Istimewa/Budi/Warta Kubar.Com

Sendawar, Warta Kubar.Com –Guna mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik sebagaimana terdapat dalam UU No 14 Tahun 2008, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menggelar pers rilis atas sejumlah pencapaian kinerja sepanjang tahun 2021. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Kejari (Kajari) Kubar, Bayu Pramesti SH, didampingi Kasi Intel Kejari Kubar, Ricki Rionart Panggabean SH MH, Kasi Pidsus, Iswan Noor SH MH, Kasi pidum, Muhammad Israq SH, serta Kasubag Pembinaan, Syarifuddin SH, dalam konferensi pers di Kantor Kejari Kubar, Sendawar, Selasa (4/1/2022).

Capaian Bidang Pembinaan

Bayu Pramesti menjelaskan, diantaranya pada bidang pembinaan yang mengurusi 21 pegawai. Terdiri jaksa 8 orang, termasuk kajari. Kemudian pegawai Tata Usaha (TU) 13 orang.

“Ada 4 pegawai Kejari Kubar yang naik pangkat, dan 1 orang pegawai meninggal dunia. Sepanjang 2021 Kejari Kubar mampu menyerap anggaran sebesar 97,85 persen. Kemudian hasil Penerimaan Negara Bukan pajak (PNBP) yang diperoleh dari hasil lelang dan tilang berjumlah Rp 722.160. 999,” ujar Bayu Pramesti SH.

Capaian Seksi Intelijen

Pada bidang intelijen, Kejari Kubar berhasil dilakukan sejumlah capaian kegiatan pada tahun 2021. Diantaranya kegiatan Jaksa Masuk Sekolah. Yaitu sebanyak 5 kali kegiatan, Jaksa Menyapa ada 2 kegiatan, serta kegiatan Penerangan Hukum sebanyak 4 kegiatan.

Menurutnya, seksi intelijen juga melakukan kegiatan Koordinasi Pengawas Aliran Kepercayaan dan Keagamaan di masyarakat sebanyak 1 kegiatan. Kemudian ada operasi penyelidikan yustisial  sebanyak 1 kegiatan.

“Satu kegiatan yang sangat penting dari seksi intelijen, berhasil memulihkan keuangan negara sebesar Rp 1,778 miliar. Kemudian kegiatan  postingan oleh Kejari Kubar di media sosial (Medsos) jenis facebook (FB) ada 194 postingan. Instagram (IG) sebanyak 207 postingan, twitter sebanyak 183 postingan, dan yuotube ada 8 postingan,” beber Bayu Pramesti.

Seksi Tipidsus

Bayu Pramesti membeberkan, pada Seksi Tindak Pidana Khusus (Tipidsus) berhasil melakukan sejumlah kegiatan. Yakni, penyelidikan ada 7, penuntutan ada 2, dan eksekusi ada 7. Jadi pada penyidikan ada yang sudah mengenakan seragam terhadap dua orang dalam kasus tipikor BPBD Kubar.

“Kemudian ada 5 penyidikan kasus saat ini sedang (berjalan) kami kerjakan semua. Diantaranya, yaitu dugaan tipikor jalan Tanjung Isuy dan KPU Mahakam Ulu,” tegasnya.

Seksi Tipidum

Pada bidang Tindak Pidana Umum (Tipidum), Kejari Kubar menerima perkara dari penyidik Polri sepanjang 2021. Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) yang diterim Kejari Kubar sebanyak 186 perkara. Untuk tahap I (berkas yang dikirim ke kejari) sebanyak 171 perkara.

“Untuk tahap II ada 187 berkas perkara. Yang dilimpahkan ke pengadilan sebanyak 176 berkas perkara. Vonis atau eksekusi putusan sebanyak 174 perkara,” katanya.

Kemudian jenis-jenisnya, diantaranya narkotika 102 berkas perkara, pencurian 20 berkas perkara, perlindugnan anak (PA) sebanyak 9 beras perkara, dan perkara lainnya 55 berkas perkara.

“Narkotika masih mendominasi. Atau lebih banyak dari tindak pidana yang lainnya,” ucap Bayu Pramesti.

Seksi Datun

Kemudian pada Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Sidatun), Kejari Kubar juga telah memberikan bantuan hukum ada 1 perkara. Kemudian pertimbangan hukum (kepada pihak ketiga/pemkab) ada 12 perkara. Ada juga pertimbangan hukum lain sebanyak 2 perkara, pelayanan hukum ada 15 perkara, serta Legal assistance/Advisor (pendampingan hukum) sebanyak 14 perkara.

“Legal Opinion  (Kumpulan dokumen tertulis yang berisi pendapat dari advokat)  ada 1 berkas, serta Memorandum of Understanding (MoU) sebanyak 6 berkas, dan Surat Kuasa Khusus (SKK) ada 7 berkas. Selanjutnya Sidatun berhasil memulihkan keuangan negara sebesar Rp 305.107, 202,” imbuh kajari.

Seksi BB

Untuk Seksi Barang Bukti (BB) Kejari Kubar, dipaparkan Bayu Pramesi, pada tahun 2021 pihaknya telah melakukan pelelangan sebanyak 1 kali. Juga melakukan pemusnahan BB sebanyak 2 kali.

“Semoga pada tahun 2022 ini kinerja Kejari Kubar akan semakin baik dan meningkat dalam hal upaya penegakan hukum di wilayah hukum Kabupaten Kutai Barat dan Mahakam Ulu,” tandasnya.

# hen #

 

Comments

comments

Henry Situmoranghttps://wartakubar.com
Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru