2 C
Kutai
Friday, January 28, 2022
spot_img

Herd Imunity, BINDA Kaltim Gelar Vaksinasi Covid-19 Massal

Sendawar, Warta Kubar.Com-Guna mendukung upaya herd imunity Covid-19, Badan Intelejen Negara Daerah (BINDA) Kalimantan Timur melaksanakan Vaksinasi massal dengan tajuk, INDONESIA SEHAT, INDONESIA HEBAT.

Kegiatan vaksinasi massal covid-19 yang menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Kubar berlangsung, 6-7 (Senin-Selasa) Desember 2021 di Alun-alun ITHO Komplek Kantor Bupati Kubar.

Christo

Kepada wartawan, Kepala Badan Intelejen Negara Daerah (BINDA) Kalimantan Timur Brigjen. TNI Danni Koswara melalui Pos Daerah (Polda) Kutai Barat, Christo menyebut kegiatan Vaksinasi untuk terjadinya Herd Immunity (kekebalan kelompok) masyarakat Kubar.

“Hari ini BINDA Kalimantan Timur melakukan vaksinasi massal bekerjasama dengan Dinas kesehatan Kabupaten Kutai Barat untuk menyasar para peserta vaksinasi dosis pertama maupun ke-dua,” kata Christo saat wawancara.

Menurutnya, Adapun kegiatan ini lakukan karena memang capaian dosis kedua di Kutai Barat masih cukup rendah.

Harapannya dengan adanya kegiatan vaksinasi massal ini maka jumlah dari peserta vaksinasi kedua jadi semakin meningkat. 

Adapun dampaknya akan berdampak pada herd immunity. Dimana vaksinasi pertama tidak akan bisa menjamin hard immunity tanpa adanya vaksinasi kedua,” ujarnya.

Christo menerangkan adapun bentuk kerjasama, pihaknya (BINDA)  memfasilitasi dari aspek baik penyediaan lokasi, penyediaan konsumsi dan lain lain termasuk mengkoordinir peserta vaksinasi dosis kedua ini.

Yohana

Sementara itu masih di tempat yang sama, Yohana Hamisah, bagian program imunisasi yang menangani vaksinasi covid dan vaksinasi Bayi, Dinas Kesehatan Kutai Barat, menjelaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi untuk dosis ke-dua dengan jenis vaksin sinovac dan dosis satu maupun dua akan dilaksanakan selama dua hari.

“Kegiatan ini direncanakan dua hari. Jadi untuk yang tanggal 6 Desember 2021 hari ini adalah dosis dua sinovac. Kemudian besok Selasa tanggal 7 Desember sinovac yang dosis pertama,” terangnya.

 Yohana berharap agar masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi dosis pertama bisa hadir pada hari kedua.

“Jadi nanti masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi di Kutai Barat untuk datang besok (Selasa 7/12/21) untuk mendapatkan vaksinasi dosis pertama.Besok untuk sasaran dipersiapkan seribu lebih vaksinnya sinovac.” harapnya.

“Kita membuka secara umum. Besok mereka bisa langsung mendaftar disini dan yang datang besok langsung kita layani,” sambung Yohana.

Pemegang program Vaksinasi Dinkes Kutai Barat itu juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kutai Barat untuk segera mendapatkan vaksinasi Covid-19 untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan virus-19 covid dengan tidak perlu takut isu negatif efek vaksin.

Yohana juga berharap untuk segera semua masyarakat Kubar mendapatkan vaksinasi covid-19.

Jangan takut karena efek samping dari vaksinasi covid-19 ini tidak ada. Kalaupun ada efek samping kita tetap akan memberikan pelayanan kepada yang memang mendapatkan efek samping.

 “Tapi sebenarnya efek samping itu adalah reaksi tubuh terhadap vaksin yang diberikan. Jadi sebenarnya bukan vaksinnya. Jadi vaksin covid-19 ini aman.” pungkas Yohana.

Pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut dilaksanakan oleh tenaga medis, yaitu 15 orang dari Puskesmas (PKM) Sekolaq Darat, 15 orang  PKM Linggang Bigung, 15 orang dari PKM Melak, sementara dari Dinas Kesehatan ada 20 orang.

(Paul/WK-RED)

Comments

comments

Henry Situmoranghttps://wartakubar.com
Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru