Gunakan Masker Dapat Cegah Covid-19

Jakarta, wartakubar

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional dr.Reisa Broto Asmoro mengatakan, memakai masker menjadi salah satu cara efektif untuk mencegah penularan virus penyebab Covid-19. Efektivitas memakai masker dengan baik dan benar dapat menekan peluang penularan lebih dari 50 persen. Mengutip dari sebuah penelitian, setiap individu diwajibkan untuk memakai masker selama masa pandemi.

“Pasang masker untuk menutupi mulut dan hidung, dan pastikan tidak ada selah antara wajah dan masker,” kata dokter Reisa pada konferensi pers melalui ruang digital, Minggu (5/7/20).

Lalu, hindari menyentuh masker saat digunakan, “Bila tersentuh, segera cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, minimal 20 detik atau menggunakan cairan pembersih tangan,” ujarnya.

Sementara itu, Dokter Reisa menjelaskan mengenai jenis masker. “Ada beberapa jenis masker yaitu masker medis. Ini adalah masker bedah atau masker N95, masker yang ditujukan untuk keperluan medis. misalnya, untuk tenaga kesehatan, orang sakit, dan orang yang merawat orang sakit menggunakan masker medis ini,” jelasnya.

Selanjutnya, adalah masker non medis yaitu, masker kain. Orang sehat cukup menggunakan masker kain. Masker kain yang direkomendasikan adalah masker yang memiliki tiga lapisan kain.

Masker non medis yang terdiri dari tiga lapisan tersebut yaitu lapisan dalam berupa bahan penyerap seperti , katun, lapisan tengah berupa bahan tanpa tenun, seperti polipropilena dan lapisan luar berupa bahan yang tidak mudah menyerah air seperti, polyester atau campuran polyester.

Reisa juga berpesan kepada masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan dengan baik dan benar.

“Maka kita segera bisa putus rantai penularan Covid-19. Mari berupaya agar pandemi dapat segera kita lalui. Kita pasti bisa,” tutupnya.

# hen #

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply