FX.Yapan: Hati-Hati Para Petinggi

Sendawar, Warta Kubar.co

Bupati Kutai Barat ( Kubar) FX.Yapan menyampaikan dengan tegas kepada 52 Petinggi Kampung terpilih agar mampu menyelenggarakan pemerintahan kampung dengan hati-hati.

Hal itu disampaikannya saat sambutan berlangsungnya acara Pengambilan Sumpah dan Janji Dan Pelantikan Petinggi Serentak Periode 2021-2027 Se-Kabupaten Kubar tahun 2021, Senin (5/4/2021) di Alun-Alun Itho Komplek Perkantoran Bupati Sendawar.

Menurut Bupati Yapan Para Petinggi yang terpilih melalui penyelenggaraan pemilihan kepala kampung 10 Maret 2021 lalu, kemudian dilantik itu agar  tidak mengambil kebijakan sendiri dalam membuat suatu keputusan yang menyangkut pelayanan masyarakat kampung.

“Petinggi harus mengambil setiap kebijakan di Kampung bersama Badan Permusyawaratan Kampung (BPK). Jangan sampai terjadi perpecahan antara Petinggi dengan BPK sehingga berakibat pelayanan kepada masyarakat kampung pun bisa terganggu,” tegas Yapan.

Dia menambahkan bahwa sudah ada contoh Petinggi Kampung maupun pengurus kampung yang berurusan dengan masalah hukum, bahkan saat ini berakhir di penjara karena didapati menyelenggarakan pemerintahan di Kampung yang tidak sesuai dengan aturan maupun regulasi yang berlaku.

“Apalagi menyangkut Anggaran Dana Desa maupun Alokasi Dana Kampung (ADK), Hati-hati dalam menggunakannya. Ikuti aturannya,” pinta Bupati dua periode ini.

“Saya minta DPMK dan Inspektorat selalu memberikan pembekalan dan pengawasan terhadap para petinggi agar penyelenggaraan pemerintahan di Kampung masing-masing dapat berjalan dengan baik,” pintanya lagi.

“Ada sekitar 40 Kampung yang sudah dilaporkan. Di Kubar ini ada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) FAKTA yang selalu mengawasi, Bahkan bisa melaporkan kalian (petinggi). Makanya dari itu hati-hati dalam bekerja melayani masyarakat kampung. Kalau bekerja sudah sesuai dengan aturan pasti aman,” pungkasnya lagi.

Sementara itu masih ditempat yang sama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Kubar, Syaidirahman menyampaikan usai pelantikan akan dilanjutkan dengan pembekalan kepada para petinggi terkait dengan peralihan jabatan antara Petinggi lama dengan yang baru. Juga persiapan pencairan Dana Desa tahap satu tahun 2021.

Sopyan Hadi Petinggi Kampung Sebelang disela acara pelantikan itu saat diwawancarai mengatakan siap bekerja sama dengan semua lembaga yang ada di Kampung Sebelang agar pembangunan bisa berjalan dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Peningkatan hasil pertanian sawah di Kampung Sebelang menjadi salah satu program inti pemerintah kampung,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD Kubar H.Ahmad Sayful Acong, H.Aula,  Sekretaris Daerah Kabupaten Kubar Ayonius, Inspektur Inspektorat Kabupaten Kubar RB.Bely, Kepala Bappeda Kubar Ahmad Sopyan, Wakapolres Kubar Kompol.Inyoman Wijaya, Perwakilan Kodim 0912 Kubar, sejumlah pimpinan OPD serta hadirin undangan.

# hen #

 

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply