Bupati Yapan Resah Truk Sawit Hantam Jalan Umum Hingga Rusak

Sendawar, Warta Kubar.co

Bupati Kutai Barat (Kubar) FX Yapan akhirnya berkomentar terkait kerusakan akses jalan umum yang diakibatkan aktivitas truk-truk pengangkut TBS maupun CPO yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kutai Barat.

Menurut dia ada ribuan truk-truk sawit yang melintas di jalan umum yang membuat jalan-jalan masyarakat berlobang-lobang dan rusak parah.

“Coba wartawan tulis itu, di daerah Kampung Benung hingga Mantar dan Besiq Kecamatan Damai, hancur semua jalan dihantam truk-truk sawit,” ujar Yapan Rabu (17/3/2021) di gedung Auditorium Tulur Aji Jejangkat Komplek Perkantoran Bupati Sendawar.

Bupati Kubar dua periode ini mengungkapkan kekecewaannya karena pihak perusahaan sawit tidak mengindahkan kesepakatan perbaikan jalan umum yang telah dituangkan dalam MoU antara pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit dengan pemkab Kubar.

“Setiap tahun pemkab membangun semenisasi jalan di Kampung Benung, namun tidak lama hancur dihantam truk-truk sawit yang melintas,” ujarnya.

Saat ditanya apakah ada tindakan berupa sanksi dari pihak pemkab, Yapan mengakui tidak bisa. Karena sudah merupakan kebijakan dari atas.

“Sudah berulangkali perbaikan jalan dibicarakan melibatkan Kodim 0912 Kubar, Polres Kubar dengan pihak perusahaan sawit namun belum ada realisasinya,” terang Yapan.

” Kalau begini terus, tutup saja jalan umum yang dilintasi truk sawit, ” pungkasnya.

# hen #

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply