Bupati Kubar FX.Yapan Hadiri Acara Adat Kuangkai di Kampung Mancong

SENDAWAR,WARTAKUBAR.CO-Bupati Kutai Barat (Kubar), FX Yapan SH disambut meriah oleh masyarakat pada saat menghadiri upacara adat kuangkai di Kampung Mancong, Kecamatan Jempang pada, Rabu (I2/6/20I9).

Bupati Kubar FX Yapan SH Saat Menghadiri Acara Adat Kuangkai di Kampung Mancong

Bupati Kubar FX Yapan SH Disambut Meriah Warga Kampung Mancong

Bupati Kubar FX Yapan yang diberi gelar Tumenggung Singa Praja, dalam kesempatan itu didampingi Kepala Adat Besar Kabupaten Kubar Manar Dimansyah Gamas, para Kepala OPD, Camat Jempang Jumra, para petinggi kampung, kepala adat kecamatan dan kampung, disambut oleh masyarakat Jempang dengan tarian adat khas Kampung Mancong sebagai ucapan selamat datang.

Diawali dengan pemotongan tali sebagai tanda penyambutan tamu oleh para tokoh masyarakat dan adat Kampung Mancong, berlanjut tari ngerangkau bersama, juga acara adat Luratn (Makan Bersama).

“Terima kasih atas penyambutan ini. Mari kita tetap menjaga kerukunan, ramah-tamah bersama masyarakat dan tetap melestarikan budaya daerah,” ucap Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati FX Yapan menghadiri puncak acara adat Kuangkai, dengan pemotongan hewan berupa kerbau yang berlangsung di halaman belakang Lamin Mancong. Bupati mengatakan, Pemkab Kubar menyambut baik dilaksanakannya upacara adat itu.

“Semakin menjaga dan memelihara adat istiadat yang merupakan warisan leluhur nenek moyang dan salah satu ungkapan religious yakni unsur solidaritas yang saling menghargai,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Adat Besar Kabupaten Kubar, Manar Dimansyah Gamas menuturkan, kegiatan adat adalah sakral. Dia berharap masyarakat Kubar dapat melestarikan budaya daerah.

“Melalui pelestarian budaya daerah, semakin menguatkan persatuan dan kebersamaan. Bersama menjaga kerukunan. Saya imbau agar seluruh masyarakat yang mengikuti upacara adat ini dapat mengikuti aturan dan tidak melanggar hukum,” ucapnya.

Panitia acara tersebut, Arkadius Elly yang juga anggota DPRD Kubar, berharap masyarakat dapat menjaga kerukunan dalam acara itu, serta tidak melakukan hal yang melanggar hukum.

“Kami bekerjasama dengan Polres Kubar. Bagi masyarakat yang melanggar akan didenda adat,” tegasnya.

Hadir pula dalam acara itu Petinggi Kampung Mancong Kornelius, Kepala Adat Kecamatan Jempang Burhanuddin, Asisten I Sekkab Kubar Misran Effendi, serta Ketua Umum KONI Kubar Stepanus Ujung.

# Henry Situmorang / Diskominfo Kutai Barat #

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply