Bupati Kubar FX Yapan Buka Rakor Petinggi dan BPK se-Kubar

Sendawar, wartakubar

Ratusan Petinggi Kampung dan Ketua Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor).

Petinggi Kampung dan Ketua BPK se-Kubar

Acara yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Kutai Barat (Barat) mengambil tema, ” Kampung Membangun Menuju Kutai Barat Semakin Adil, Maju dan Mandiri dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum Tana Purai Ngeriman Komplek Perkantoran Bupati, Senin (9/3/2020).

Kepala Dinas DPMK Kubar, Syaidirahman mengungkapkan adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya rakor petinggi dan BPK untuk menghasilkan kesamaan persepsi terkait penyaluran dana desa tahun anggaran 2020. Prioritas penggunaan dana desa, serta peningkatan pelayanan publik.

“Rakor juga untuk melakukan evaluasi atas setiap persoalan yang ada dalam penggunaan dana desa di Kampung-Kampung,” ungkapnya.

Syaidirahman menerangkan, Rakor dihadiri sejumlah 16 Camat, 4 Kelurahan,Rako 190 Petinggi Kampung, 190 Ketua BPK, para Sekretaris Desa (Juru Tulis), Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), Bendahara Kampung dan sejumlah 87 orang Tenaga Pendamping Profesional Desa.

“Rakor juga diisi dengan pembekalan yang disampaikan oleh narasumber dari Inspektorat, Polres Kubar, Kejari Kubar, Bankaltimtara Cabang Sendawar, KPPN Provinsi Kalimantan timur. Terdiri dari enam sesi diakhiri dengan sesi tanya jawab,” jelasnya.

Sementara hadir dalam rakor tersebut Bupati Kabupaten Kutai Barat, FX Yapan SH Temenggung Singa Praja menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas dilaksanakan rakor Petinggi dan BPK.

“Rakor dilaksanakan salah satunya untuk peningkatan SDM aparat Kampung,” ucapnya.

Menurutnya, Rakor juga penting untuk mengikuti setiap perubahan peraturan dari Pusat. Diminta agar aparat Kampung harus mengejar apa yang tertinggal, agar kesejahteraan masyarakat kampung dapat tercapai.

” Terpenting disampaikan agar aparat Kampung serta lembaga yang ada di Kampung mengetahui tugas, pokok, fungsi (Tupoksi), ” tegas Yapan.

Turut hadir dalam acara Rakor tersebut, Sekretaris Daerah Kubar Yacob Tulur, Inspektur Inspektorat Kubar RE Bely, Asisten I Setkab Kubar Misran Efendi, Kepala Dinas BKAD Kubar Sahadi, Kajari Kubar Wahyu Triantono, Kasi Intel Kejari Kubar Ricky Panggabean, Kasat Reskrim Polres Kubar Iptu Iswanto, KPPN Provinsi Kaltim, Ketua KNPI Kubar Cannisius Arjan.

# hen #

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply