2 C
Kutai
Friday, January 28, 2022
spot_img

Bupati FX.Yapan Resmikan Ruang Data dan Informasi BPP di Sekolaq Darat

SENDAWAR, Warta Kubar.Com- Sebagai wujud nyata perhatian pemerintah terhadap sektor pertanian di Kabupaten Kutai barat serta wujud kepedulian para anggota DPRD yang telah menjalankan amanahnya sebagai penyambung aspirasi masyarakat melalui pokok pikiran yang disampaikan sehingga, saat ini dibangun ruang data dan informasi Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Sekolaq Darat, dan serah terima bantuan Dinas Pertanian kepada kelompok tani Tahun 202, serta launching sayembara logo PEDA KTNA XI tahun 2024 di Kubar, Rabu siang (22/9/2021).

Sebagaimana diketahui sebagian besar masyarakat Kubar menggantungkan hidupnya dari bercocok tanam, oleh karena itu sudah selayaknya sektor pertanian menjadi prioritas utama pembangunan di Kubar. Turut hadir Ketua DPRD Kubar Ridwai, Anggota DPRD Provinsi Kaltim Ekti Imanuel, Wakil Bupati H.Edyanto Arkan, Sekretaris kabupaten Ayonius, Plt Asisten II Nopandel, Kepala Dinas Pertanian Petrus, Kadis Perikanan Simson. Sekretaris BKAD Kubar Rion dan Camat Sekolaq Darat Suwila.

Bupati FX Yapan SH dalam sambutannya menyampaikan ada tiga agenda penting yang dilaksanakan.

”Hari ini kita meresmikan ruang data dan informasi di wilayah BPP Sekolaq Darat, tentu saja saya berharap dengan adanya ruangan tersebut menjadi wadah untuk saling bertukar pikiran dan mendukung suksesnya kegiatan pertanian sebagaimana tugas dan fungsi BPP adalah merencanakan dan melaksanakan program-program penyuluhan dalam hal informasi, teknologi, sarana produksi, pembiayaan, pasar, peningkatan tenaga penyuluh dan kelembagaan serta kemitraan pelaku usaha, membuat percontohan dan model usaha tani sesuai dengan peraturan yang berlaku, misi dan tujuan penyuluhan pertanian,” kata Bupati.

Untuk kegiatan yang sudah berjalan di wilayah BPP yakni Demplot BPP di kampung Sumber Bangun dan kampung Sekolaq Darat menanam cabe dan jagung manis. Pembinaan dan pendampingan Kelompok Tani 96 poktan di kecamatan sekolaq darat. Kemitraan penyediaan pupuk bersubsidi dengan koperasi Bapentan. Dan pendampingan poktan dari instansi terkait lainnya. Maka Besar harapan kedepannya BPP di wilayah Sekolaq Darat dapat lebih maju dan menjadi percontohan bagi Kecamatan lainnya.

Selanjutnya Bupati juga menjelaskan tujuannya memberikan bantuan dari Pemerintah Pusat (APBN), Provinsi (APBD Provinsi) dan Kabupaten (ABPD) adalah yang ialah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi covid 19, memperoleh bibit unggul bersertifikat, pengembangan sentra produksi, bibit ternak, mengoptimalkan lahan dan mutu hasil pertanian, meningkatkan produksi perkebunan dan mendukung program komando strategis pembangunan pertanian.

Dengan banyaknya bantuan yang diterima untuk tahun 2021 di bidang tanaman pangan dan hortikultura, bidang perkebunan dan bidang peternakan.

Bupati dua periode dalam kesempatan tersebut menghimbau kepada seluruh pihak yang telah menerima bantuan agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mengembangkan dunia pertanian di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

Bupati FX.Yapan juga mengajak seluruh pihak untuk konsisten mendukung sukses program tersebut sehingga bantuan-bantuan yang ada benar-benar mendorong para Kelompok Tani  untuk lebih bersemangat berkarya di bidangnya masing-masing untuk kesejahteraan masyarakat.

Adapun bantuan yang diberikan berupa 2 Unit Pompa air, 2 Unit Hand Traktor Rotary, 1 Unit Hand Sprayer Elektrik. Bantuan tersebut bersumber dari Kementerian Pertanian Aspirasi G Budisatrio Djiwandono. selanjutnya Bantuan 2 Unit Cultivator untuk kecamatan Barong tongkok yang bersumber dari kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2021.

Bantuan bersumber dari Keuangan Provinsi (Bankeu) tahun  anggaran 2021 dengan bantuan Pupuk Organik cair dengan Jumlah 174.790 Liter yang tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Kutai Barat.

Bantuan Ternak Babi Betina 235 Ekor dan Jantan 40 Ekor Sumber Dana APBD II, di 5 Kecamatan. Bantuan Ternak kambing Jantan 2 Ekor dan Betina 18 Ekor Sumber Dana APBD II di 1 Kecamatan Dan Bantuan Ternak Sapi Jantan 14 Ekor dan Betina 11 Ekor Sumber dana APBD II dan di 2 Kecamatan.

Pada Tahun 2021 Kubar ditunjuk menjadi tuan rumah PEDA KTNA XI adalah suatu kehormatan bagi Kutai Barat. Hal tersebut tentu saja perlu persiapan yang harus dilakukan pada saat ini agar pada saat pelaksanaan tidak ada hal-hal yang menghambat kesuksesan acara tersebut.

Bupati juga mengapresiasi atas dibuka seluas luasnya kesempatan bagi masyarakat Kubar untuk berpartisipasi dalam menyongsong Kutai Barat menjadi tuan rumah Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) XI Kalimantan Timur tahun 2024. Oleh karena itu Bupati FX.Yapan berpesan ingin melaksanakan sayembara untuk mendapatkan Logo PEDA KTNA XI Kutai Barat Kalimantan Timur selain untuk menggali potensi dan menggerakan masyarakat untuk mensukseskan agenda ini nantinya, bahwa sayembara ini sebagai sarana promosi bahwa Kutai Barat mampu dan layak menjadi tuan rumah mendatang.

(hms10/WK.Red)

Comments

comments

Henry Situmoranghttps://wartakubar.com
Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru