Bisa Laksanakan Salat Idul Adha, Wabup Kubar Ingatkan Masyarakat dan Rumah Ibadah Patuhi Prokes

 Sendawar, warta kubar.com

Wakil Bupati Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Edyanto Arkan mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin patuhi protokol kesehatan (prokes). Terutamanya bagi rumah ibadah (masjid/langgar) yang akan menggelar salat Idul Adha pada Selasa (20/7/2021).

“Bagi rumah ibadah yang akan menggelar salat Idul Adha diminta untuk memenuhi protokol kesehatan. Diantaranya memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak minimal 1 meter. Serta pastikan jemaah yang datang sehat serta menggunakkan masker,” ungkap Edyanto Arkan usai menyerahkan bantuan hewan kurban pada Senin (19/7/2021).

Rumah ibadah yang dapat melaksanakan salat Idul Adha ini diminta mengikuti surat edaran dari Menteri Agama. Serta berdasarkan surat kesepakatan bersama dari Pemerintah Kabupaten bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kubar dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kubar.

“Tidak melarang pelaksanaan salat Iduladha di rumah ibadah. Akan tetapi harus tetap menjalankan prokes dengan penuh disiplin dan kesadaran. Apalagi saat ini perkembangan virus di Bumi Tanaa Purai Ngeriman juga mengalami peningkatan,” jelasnya.

Dimintanya rumah ibadah untuk mengikuti beberapa syarat tersebut bukan untuk membatasi pelaksanaan ibadah. Tetapi lebih kepada pengaturan yang disesuaikan dalam kondisi pandemi Covid-19 demi kesehatan orang banyak. Sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus.

“Apabila ada kerumunan, diminta para pengurus masjid bisa dengan cepat menguraikannya. Agar tidak terjadi kerumunan yang begitu lama. Jadi baik pengurus masjid serta masyarakat juga harus mempunyai kesadaran penuh untuk menjalankan protokol kesehatan,” tandasnya.

(hms36)

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply