Bapenda Kubar Launching Aplikasi Ap Sempekat, Bankaltimtara Serahkan Mesin Cash Register Online

SENDAWAR, Warta Kubar.Com-Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) melaunching Aplikasi 9 Pajak Daerah Online (Ap Aplikasi). Acara yang dirangkai dengan Serah Terima Mesin Cash Register Online dari Bankaltimtara Cabang Sendawar Kepada Bapenda Kubar yang selanjutnya diserahkan kepada Wajib Pajak, Juga Sosialisasi Gebyar Pajak Relaksasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) berlangsung, Selasa (12/9/2021) di halaman Kantor Bapenda Kubar.

Bupati Kutai Barat (Kubar) FX Yapan SH MH hadir dalam kesempatan itu mengatakan, Pemerintah Kubar menyambut baik diluncurkannya 9 Pajak Daerah Online serta penggunaan Mesin Cash Register Online, untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat (wajib pajak) yang transparan. Juga pelaporan-pelaporan melalui online lebih mudah, praktis dan efisien.

Menurut Bupati dua periode ini, Dengan peluncuran Aplikasi 9 Pajak Daerah dan Mesin Cash Register Online, maka wajib pajak tidak lagi bersentuhan dengan petugas. Bisa melalui sistem di aplikasi. Jadi untuk mempermudah pengaturan laporan penerimaan pajak.

“Dengan penggunaan aplikasi 9 pajak daerah online dan mesin cash register online, Pemerintah Kubar sangat optimis bahwa penerimaan pajak daerah akan bertambah. Apalagi nanti dicari obyek-obyek sumber penerimaan pajak daerah,” pungkas Bupati Yapan.

Simulasi Penggunaan Mesin Cash Register Online Bapenda Kubar

Sementara itu, Kepala Bapenda Kubar, Yuli Permata Mora menerangkan, peluncuran Aplikasi 9 Pajak Online (Ap Sempekat) dan penggunaan Mesin Cash Register untuk kemudahan dalam melakukan pelayanan kepada wajib pajak. Selain itu juga untuk memaksimalkan pendapatan pajak, melalui adanya kerjasama pelaku usaha dan masyarakat untuk membayar pajak.

Yuli Permata Mora menambahkan, Aplikasi Ap Sempekat akan didukung dengan Mesin Cash Register Online yang akan ditempatkan di warung makan dan restoran. Jadi nantinya setiap transaksi akan terhubung dengan Bapenda Kubar.

“Tahap pertama diluncurkan 40 unit Mesin Cash Register Online di Kecamatan Barong Tongkok dan Melak yang akan diserahkan kepada pelaku usaha rumah makan dan restoran. Tentunya dilakukan bimbingan penggunaan aplikasi kepada wajib pajak,” tutupnya.

Bersamaan dengan launching Aplikasi Ap Sempekat, dilakukan juga penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU), dan serah terima mesin Cash Register Online oleh Bankaltimtara Cabang Sendawar kepada Pemkab Kubar. Dilanjutkan dengan Sosialisasi Gebyar Pajak Relaksasi Kendaraan bermotor (PKB) oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Hadir dalam acara yang berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, Sekda Kabupaten Kubar Ayonius, Kepala Badan Perencanaan Daerah(Bappeda) Kubar Achmad Sopyan, Kepala BKAD Kubar Sahadi, Kepala DPTSP Hendarman Supandji, Kepala Bapenda Provinsi Kaltim UPT Kubar Ahmad Sarkawi, dan Tim dari Bankaltimtara Cabang Sendawar.

# hen #

 

 

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply