225 Pendekar PSHT Kubar Pusat Madiun Resmi di Kukuhkan

Sendawar,wartakubar.com

Sebanyak 225 orang Pendekar Pencak Silat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Pusat Madiun Kabupaten Kutai Barat yang tersebar di wilayah Kubar dan Mahakam Ulu (Mahulu) secara resmi dikukuhkan menjadi Warga Baru Tingkat I PSHT 2019.

Acara Pengukuhan 225 orang Warga Baru Tingkat I 2019 yang bertajuk ‘Wes Wayahe Kembang Terate Mekar’ berlangsung, Sabtu malam (28/9/2019) di Balai Pertemuan Umum (BPU) Tana Purai Ngeriman Sendawar.

Ketua Umum DPC PSHT Pusat Madiun Kubar, Suparlan menuturkan, Bahwa sebanyak 225 Warga Baru Tingkat I yang dikukuhkan tersebar dari 10 Ranting PSHT di wilayah Kubar dan Mahulu.

“Terima kasih disampaikan kepada seluruh pengurus PSHT Kubar, para Pelatih yang telah berjibaku untuk melatih para pendekar PSHT tanpa pamrih”, ucap Suparlan.

“Terima kasih juga kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat yang telah mendukung PSHT. Sebab tanpa dukungan semua pihak PSHT Kubar Pusat Madiun tidak akan berkembang pesat”, tuturnya.

Suparlan menegaskan kepada warga baru PSHT agar memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk kebaikan di manapun berada.

“Warga Baru Tingkat I PSHT Pusat Madiun Kubar terdiri dari 196 pria dan 29 perempuan yakni, Kecamatan Barong Tongkok, Melak, Sekolaq Darat, Tering, Siluq Ngurai, Muara lawa, Jempang, Bongan, Long Iram, dan Kabupaten Mahakam Ulu,” bebernya kepada wartawan.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kubar, Syamsuniq dalam sambutan mengucapkan selamat atas pelantikan 225 orang pendekar PSHT Kubar Pusat Madiun.

“IPSI Kubar mencatat bahwa PSHT sangat berperan aktif dalam mengembangkan prestasi bidang olah raga beladiri pencak silat”, ucapnya.

“IPSI tidak perlu lagi mendatangkan atlit pencak silat dari luar daerah. Karena para pendekar PSHT Kubar pusat Madiun juga sudah punya prestasi”, jelasnya lagi.

Sementara Ketua Umum Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kubar, Stepanus Ujung mendukung seluruh kegiatan pengembangan PSHT Kubar Pusat Madiun.

“Dari 4 organisasi perguruan Pencak Silat yang tergabung di IPSI, PSHT merupakan perguruan yang rutin menurunkan atlitnya dalam mengikuti setiap kejuaraan pencak silat di Kubar.

“Sebagai bentuk dukungan Pemerintah melalui KONI. Pemerintah menyerahkan bamtuan dana sebesar Rp 15 juta kepada PSHT. Mohon pengurus membuat proposal,” ungkap Stepanus Ujung.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Kubar, FX Yapan SH menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada seluruh pengurus dan warga PSHT Kubar Pusat Madiun atas diselenggarakannya acara pelantikan 225 orang Warga Baru Tingkat I PSHT.

“Hakikat dari beladiri yang sesungguhnya adalah dapat mengalahkan diri sendiri serta bermanfaat bagi sesama,” ucap Bupati.

“Saya bangga melihat PSHT Kubar Pusat madiun telah berkembang pesat hingga mencapai 1725 pendekar. Semoga ilmu yang diperoleh di PSHT dapat dikembangkan menjadi prestasi yang mengharumkan Kubar”, katanya.

FX Yapan menambahkan, Bahwa anggaran di KONI akan ditambah untuk menggelar kejuaraan-kejuaraan Pencak Silat, Sehingga dapat diketahui sejauh mana prestasi dari para atlit Pencak Silat Kutai Barat.Acara malam pengukuhan 225 warga baru PSHT Kubar Pusat Madiun berlangsung dengan tertib dihadiri oleh seluruh pengurus dan warga PSHT.

Turut Hadir dalam acara tersebut, Asisten II Setkab Kubar Ayonius, Sekretaris Disdagkop Jannes Hutajulu, Ketua KNPI Kubar FX.Sumardi, perwakilan Polres Kubar, perwakilan Kodim 0912 Kubar, Ketua LSM Macan Dahan Alfian, dan hadirin undangan.# hen #

Comments

comments

About Author

Founder & Jurnalis di wartakubar.com

Leave A Reply